Breaking News:

Berita Muara Enim

Tergugah Ekspedisi Sepi, Pengusaha Bagi Beras Untuk Kuli Panggul Pasar Mambo Muara Enim

Kuli panggul dan Sopir Ekspedisi di Pasar Mambo Muara Enim mendapatkan bantuan beras dari pengusaha sekaligus tokoh masyarakat Ir Johan Ong

Editor: Yohanes Tri Nugroho
SRIPOKU/ARDANI ZUHRI
Pengusaha Johan Ong memberikan bantuan sembako kepada pekerja bongkar muat barang ekspedisi di Pasar Mambo Muaraenim 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUARA ENIM,-Yanto (48) warga Muara Enim yang sehari-harinya berprofesi sebagai kuli panggul, tampak bahagia.

Pasalnya, disaat orderan angkutan sepi, ada pengusaha yang peduli dengan nasib mereka dengan memberikan bantuan Sembako beras.

"Alhamdulilah, masih ada yang membantu di masa sulit ini. Beras ini sangat berarti bagi kami yang berpenghasilan tidak menentu ini," ujar Ayah empat anak ini, Minggu (1/8/2021).

Diceritakan, Yanto, bahwa ia berprofesi sebagai kuli panggul ini sudah sekitar empat tahun yang lalu.

Sebab dirinya tidak ada keahlian dibidang lain sehingga hanya tenaga yang ia digunakan yakni menjadi kuli panggul. 

Dahulu, lanjut Yanto, sebelum pandemi Covid-19, penghasilannya sebagai kuli panggul cukup lumayan sehari bisa dapat Rp 70 - 100 ribu, namun sekarang penghasilannya merosot tajam hanya sekitar Rp 40-50 ribu sehari, bahkan pernah tidak mendapat uang sama sekali karena tidak ada orderan angkutan barang.

Orderan angkutan barang tergantung mobil angkutan ekspedisi yang masuk ke Pasar Mambo Muara Enim, kalau sedikit maka penghasilannya sedikit, begitu juga sebaliknya.

"Disini saja (Pasar Mambo,red) ada sekitar 30 kuli panggul. Bayangkan saja, kuli panggulnya banyak, tapi orderan angkutan sedikit," jelasnya.
Hal senada dikatakan rekannya 

Musliadi (39) bahwa pihaknya sangat bersyukur dengan bantuan Sembako yang diberikan tersebut. Meski tidak banyak, namun sangat berarti di masa sulit ini. Sebab pandemi Covid-19 ini sangat berdampak bagi dirinya, rekan-rekan seprofesi (kuli panggul) dan keluarga.

Soalnya dalam seminggu paling banyak dua unit mobil ekspedisi yang masuk ke pasar Muara Enim untuk bongkar muat barang. Sementara, jumlah petugas bongkar muat barang sekitar 30 orang. 

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved