Breaking News:

BLT Subsidi Gaji 2021

Para Pekerja Minta Pemerintah Bersikap Adil Usai Ada Subsidi Upah Rp 1 Juta Bagi Karyawan

Para Pekerja Minta Pemerintah Bersikap Adil Usai Ada Subsidi Upah Rp 1 Juta Bagi Karyawan

Editor: Siemen Martin
Istimewa/ Tribun Kaltim
Pemerintah harus bersikap adil mengingat saat ini masih banyak pekerja-pekerja yang belum terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. 

TRIBUNSUMSEL.COM - Sekjen Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI) Timboel Siregar meminta pemerintah untuk bersikap adil dalam pemberian Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada para pekerja dan memprioritaskan pekerja yang terdampak Covid-19.

Rencananya, pemerintah melalui kementerian ketenagakerjaan (Kemnaker) akan kembali meluncurkan BSU untuk mengurangi dampak PHK dan meningkatkan daya beli masyarakat. Jumlah BSU sebesar Rp 1 Juta diberikan sekaligus melalui transfer bank, di mana calon penerima BSU merupakan peserta aktif data BPJS Ketenagakerjaan.

“Memang BSU ini bisa menurunkan tingkat PHK, tapi jika BSU ini diberikan hanya kepada peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan, logikanya kalau orang masih punya upah dan dapat bantuan, uangnya akan dipakai untuk tabungan, tapi kalau BSU diberikan pada orang yang ter-PHK atau dirumahkan tanpa upah, pasti bantuan akan dibelanjakan,” ujar Timboel kepada Kompas.com, Kamis (22/7/2021).

Timboel menjelaskan, jika pemerintah memberikan bantuan kepada peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan hal tersebut dinilai kurang tepat.

Sebab, data aktif tersebut mencerminkan kemampuan perusahaan membayar upah, yang artinya pekerja tetap mendapatkan upah.

Menurut dia, pemerintah harus bersikap adil mengingat saat ini masih banyak pekerja-pekerja yang belum terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

Di sisi lain, para pekerja tersebut juga terdampak pandemi, seperti pekerja di mall, toko baju, toko makanan dan sebagainya.

“BSU sekarang jangan mengulang BSU tahun lalu, harus ada pembenahan data. Kan tidak adil jika pekerja yang belum didafatarkan ke BPJS Ketenagakerjaan enggak dapat, padahal mereka juga terdampak,” tegas dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved