Breaking News:

Berita Palembang

Dengar Insentif Nakes di Sumsel Cair, Bahori Senang, Untuk Biaya Anak Sekolah

Informasi pencairan insentif untuk tenaga kesehatan (Nakes) di Sumsel disambut gembira setelah penantian selama dua bulan lamanya.

Penulis: Linda Trisnawati | Editor: Yohanes Tri Nugroho
TRIBUNSUMSEL.COM/LINDA
Bahori PIC Rumah Isolasi di Wisma Atlet Jakabaring menyambut baik pencairan insentif tenaga kesehatan (Nakes) di Sumsel. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Mendengar insentif untuk tenaga kesehatan (Nakes) akan segera cair maka para Nakes tentunya senang.

Hal tersebut seperti diungkapkan oleh Bahori, bahwa ia senang kalau insentif akan cair.

"Ia saya dengar-dengar kabar katanya insentif Nakes akan cair. Alhamdulillah kalau memang mau cair," kata Bahori yang juga sebagai PIC Rumah Isolasi di Wisma Atlet Jakabaring, Senin (19/7/2021).

Lebih lanjut ia mengatakan, begitu dapat kabar akan cair tentu perasaannya senang.

Alhamdulillah setelah dua bulan ini akhirnya insentifnya cair.

"Kalau saya rencana macam-macam nggak ada. Kalau saya mau untuk nutupin biaya anak masuk sekolah, karena ada anak saya baru masuk sekolah MAN Insan Cendikia. Ia lumayan besar biayanya," ungkapnya.

Selain itu menurut Bahori, uangnya juga untuk menutupi biaya sekolah yang kemarin-kemarin yang sudah dibayarkan dengan uang yang ada.

Alhamdulillah akhirnya bisa tertutupi. 

"Kalau teman-teman di sini banyak relawan. Kalau relawan yang dapat honor rutinnya dari dinas, mereka serahkan ke istri atau keluarga. Kalau ada kurang-kurang ada yang pinjem dulu," ungkapnya.

Untuk itu menurutnya, dengan adanya insentif ini maka teman-teman bisa mengembalikan pinjaman yang sudah terpakai. Lalu ada juga yang berencana akan lamaran, jadi bisa untuk tambah lamaran.

Besaran Insentif Nakes

Sementara itu Sekretaris Dinkes Provinsi Sumsel Trisnawarman menambahkan, bahwa total yang akan segera dicairkan lebih dari Rp 71 miliar.

"Dengan rincian untuk gaji dan tunjangan Rp 14,9 miliar, pengandaan alkes Rp 6 miliar, pengelolaan Yankes Rp 24,2 miliar, operasional pelayanan rumah sakit Rp 14,9 miliar dan pemenuhan kebutuhan SDMK Rp 11,1 milar," kata Trisnawarman.

Baca juga: Sempat Dimaki Warga yang tak Sabar, Cerita Nakes Puskesmas Indralaya Selama Vaksinasi

Sementara itu terkait insentif untuk nakes rinciannya, kalau dokter spesial insentifnya Rp 15 juta, dokter umum Rp 10 juta, perawat Rp 7,5 juta dan Nakes lainnya Rp 5 juta.

"Yang akan cair untuk pembayaran bulan Mei dan Juni 2021, untuk  yang di Wisma Atlet Jakabaring. Kalau untuk rumah sakit, masing-masing rumah sakit yang mengkalimnya," katanya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved