Breaking News:

Pendidikan

Bacaan Surat Al Kafirun Lengkap dengan Latin dan Terjemahan, Ini Pesan Terkandung di Dalamnya

Terdapat hadits meringankan atau memudahkan bacaan saat shalat berjamaah. Surat Al Kafirun merupakan suah pendek yang diketahui semua umat muslim.

Penulis: Novaldi Hibaturrahman | Editor: Wawan Perdana
Tribun Sumsel
Bacaan Surat Al-Kafirun ayat 1-6 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Berikut ini adalah bacaan surat Al Kafirun lengkap dengan latin dan terjemahannya. Termasuk pesan yang terkandung di dalamnya. 

Imam di masjid-masjid di daerah pedesaan umumnya mempunyai surat andalan sewaktu memimpin shalat berjamaah.

Adapun surat yang sering dibacakan imam saat shalat berjamaah adalah Al Kafirun dan Al Ikhlas.

Dihimpun dari situs resmi kemenag.go.id, surat-surat pendek tersebut dipilih bukan karena para imam tidak mempunyai hafalan surat lain.

Namun ternyata ada sebuah hadits membaca surat pendek yang bertujuan untuk meringankan bacaan shalat berjamaah.

Dihimpun dari situs resmi kemenag.go.id, dan berbagai sumber lainnya, terdapat hadits mengenai meringankan bacaan ketika menjalankan shalat berjamaah.

Adapun hadits tersebut diriwayatkan Abu Hurairah yang berbunyi sebagai berikut.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: إِذَا أَمَّ أَحَدُكُمْ النَّاسَ فَلْيُخَفِّفْ فَإِنَّ فِيهِمْ الصَّغِيرَ وَالْكَبِيرَ وَالضَّعِيفَ وَالْمَرِيضَ فَإِذَا صَلَّى وَحْدَهُ فَلْيُصَلِّ كَيْفَ شَاءَ

Artinya :

Dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘Anhu, sesungguhnya Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Apabila salah seorang dalam kalangan kamu mengimamkan shalat, maka ringankanlah shalat (tersebut) karena dalam jama’ah tersebut ada golongan kanak-kanak, orang tua, orang yang lemah dan sakit. Sekiranya shalat bersendirian maka silahkan panjangkan bacaan menurut yang dikehendakinya.” (HR. Bukhari).

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved