Breaking News:

Apa itu Lampor

Viral Lampor Keranda Terbang yang Dikaitkan dengan Kematian Mendadak, Mitos atau Fakta ?

Fenomena Lampor kini menjadi viral di media sosial. Beberapa video soal Lampor diunggah ke Tiktok oleh banyak akun. 

Penulis: Novaldi Hibaturrahman | Editor: M. Syah Beni

TRIBUNSUMSEL.COM - Fenomena Lampor kini menjadi viral di media sosial. Beberapa video soal Lampor diunggah ke Tiktok oleh banyak akun. 

Lampor atau yang dikenal keranda terbang ini identik dengan musibah yang akan terjadi di tempat munculnya lampor tersebut.

Lantas apakah Lampor ini nyata atau hanya mitos belaka ?

Dikutip dari Grid.id, produser film Chand Parwez mengatakan ia pernah mendapat cerita dari sutradara Guntur Soeharjanto tentang lampor ini. Cerita langsung dari pengalaman kecil Guntur Soeharjanto yang tinggal di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

"Mas Guntur cerita soal masa kecilnya di Temanggung. Dia cerita kejadian nyata yang ada orang keluarganya dibawa lampor, ada yang mati, ada yang kembali tapi gila," tuturnya

Karena cerita itulah, Chand Parwez mengangkat cerita lampor ke bioskop melalui film Lampor yang  tayang 31 Oktober 2019 lalu.

Dikutip dari hebat.temanggungkab.go.id dan berbagai sumber lain, lampor atau yang lebih dikenal dengan hantu keranda terbang ini merupakan kearifan lokal dan kisah nyata yang berasal dari Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.

Lampor, merupakan makhluk astral yang berada di antara gunung Sumbing dan Sindoro, Kabupaten Temanggung.

Bisa dikatakan, Lampor merupakan makhluk yang menghuni gunung Sumbing dan Sindoro, yang dikenal punya pemandangan menakjubkan di kalangan pendaki.

Makhluk Astral ini berwujud sosok setan pencabut nyawa yang membawa keranda terbang menjelang malam hari atau dini hari.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved