Breaking News:

Manfaat Bawang Putih

Bawang Putih Tidak Dianjurkan Untuk Anak-Anak Menurut Ahli Farmakologi FK Unsri Profesor Kamaluddin

Bawang putih memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Namun sayangnya bawang putih dengan nama latinnya allium sativum ini tidak direkomendasikan un

Penulis: Linda Trisnawati | Editor: Anggraini Munanda Effani
tribunsumsel
Bawang Putih Tidak Dianjurkan Untuk Anak-Anak Menurut Ahli Farmakologi FK Unsri Profesor Kamaluddin 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Linda Trisnawati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Bawang Putih Tidak Dianjurkan Untuk Anak-Anak Menurut Ahli Farmakologi FK Unsri Profesor Kamaluddin.

Bawang putih memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Namun sayangnya bawang putih dengan nama latinnya allium sativum ini tidak direkomendasikan untuk anak-anak usia di bawah 10 tahun.

"Sistem imunitas anak-anak sudah bagus jadi tidak perlu mengkonsumsi bawang putih," katan Ahli Farmakologi Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sriwijaya (Unsri) Prof Dr. dr. H.M.T Kamaluddin, M.Sc.,Sp.FK, Jumat (9/7/2021).

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk anak-anak yang usia 10 tahun ke bawah tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi bawang putih.

Kalau yang sudah di atas 10 tahun boleh-boleh saja.

"Namun untuk mengkonsumsinya juga jangan terlalu banyak, karena sistem imunitas anak-anak ini sudah bagus," ungkapnya.

Menurut Profesor Kamal, bawang putih tidak dianjurkan untuk anak-anak karena aroma atau baunya dari bawang putih itu tidak enak untuk anak-anak.

"Selain itu efeknya nanti bisa masuk ke sela-sela gigi, bahkan kehidung dan membuat risih anak yang akibatnya bisa-bisa jadi gelisah, dan nggak nyaman," ungkapnya.

Seperti yang diketahui, bawang putih memiliki kandungan allicin. Dengan adanya allicin nantinya lebih stabil atau kalau imunitasnya menurun, dengan adanya efek allicin bisa meningkat kembali imunitasnya.

"Imunitas adalah reaksi tubuh kita sendiri untuk menangkal berbagai ancaman penyakit infeksi, bisa virus, bakteri dan lain-lain," katanya.

Kalau imunitasnya tinggi maka semua penyebab gangguan yang bisa menyebabkan penyakit tadi bisa diminimalisir atau bahakan bisa dihilangkan sama sekali.

"Lalu bagaimana cara kita mengukur imunitas? kalau mengukur itu agak sulit. Maka paling tidak imunitas ini dapat kita rasakan seperti tubuh terasa fresh atau segar, dan tidak mudah terkena penyakit tertentu yang menular," ungkapnya.

Baca juga: Jangan Gunakan Bawang Putih pada Kulit Wajah yang Berjerawat! Ini Kata dr. Indah Permata Sari, Sp.KK

Baca juga: Manfaat Bawang Putih Mentah, Sebagai Antibiotik Alami Hingga Membuang Racun di Tubuh

Baca juga: Daftar 5 Olahan Bawang Putih yang Berkhasiat, Lakukan Ini untuk Rasa dan Aroma yang Tidak Menyengat

Itulah Bawang Putih Tidak Dianjurkan Untuk Anak-Anak Menurut Ahli Farmakologi FK Unsri Profesor Kamaluddin.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved