Breaking News:

Darurat Covid 19

Mengetahui Apa Itu Angka CT Value Covid-19, Jangan Salah Memaknainya, Ini Kata Ahli Medis

CT adalah singkatan dari Cycle Threshold. Angka CT sering dimaknai orang sebagai tingkat keparahan infeksi virus corona di dalam tubuh manusia

Editor: Wawan Perdana
Sripo/ Jati Purwanti
Reverse transcription-Polymerase Chain Reaction atau RT-PCR di Palembang beberapa waktu lalu. Dari tes ini diperoleh hasil angka Cycle Threshold (CT) Covid-19. 

TRIBUNSUMSEL.COM-Saat ini masih banyak orang belum paham mengenai angka CT value Covid-19. Angka ini diperoleh berdasarkan Reverse transcription-Polymerase Chain Reaction atau RT-PCR.

RT-PCR adalah metode pengujian Covid-19 yang menguji sampel lendir yang diambil dari hidung maupun tenggorok pasien di laboratorium.

CT adalah singkatan dari Cycle Threshold. Angka CT sering dimaknai orang sebagai tingkat keparahan infeksi virus corona di dalam tubuh manusia.

Apakah benar demikian? Berikut penjelasan dari Ahli patologi klinis dari RSA UNS Surakarta, dr. Tonang Dwi Ardyanto, Ph.D.

"CT value menunjukkan estimasi jumlah virus di dalam sampel. Kalau cara ambil sampelnya tepat, berarti juga menggambarkan jumlah virus di tempat dilakukannya swab," kata Tonang, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (26/6/2021).

Akan tetapi, jumlah virus yang terdeteksi itu tidak selalu berbanding lurus dengan derajat kesakitan yang diderita seseorang.

"Jumlah virus dalam tempat swab tidak selalu sesuai dengan derajat gejala atau penyakit covid-nya. Ada yang CT value rendah, jumlah virus tinggi, tapi gejalanya ringan. Sebaliknya, ada yang CT value relatif tinggi, jumlah virus diduga rendah, tapi gejalanya justru lebih berat," ungkap Tonang.

"Maka nilai CT value saja, TIDAK bisa dijadikan patokan," lanjut dia.

Oleh karena itu, angka CT yang dicantumkan pada hasil tes PCR tidak bisa dibaca sebagai suatu parameter tunggal untuk mengetahui kondisi keseluruhan pasien.

Tonang menyebutkan, informasi nilai CT ini hanya akan digunakan oleh dokter yang merawat sebagai informasi tambahan untuk membuat keputusan terkait kondisi pasien dan penanganan seperti apa yang selanjutnya harus diberikan.

Baca juga: Kasus Positif Covid-19 Harian Sumsel Tembus 200, Kadinkes Beri Peringatan Semua Kabupaten/Kota

Halaman
12
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved