Breaking News:

Berita Banyuasin Hari Ini

Pemkab Banyuasin Antisipasi Penyebaran Covid-19 Pakai Dana APBD, Aktifkan PPKM Hingga ke RT

Dana pelaksanaan PPKM di Banyuasin ini, berdasarkanpermintaan yang diajukan dari Kecamatan dan Kelurahan.

Penulis: M. Ardiansyah | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/M ARDIANSYAH
Kabid Perbendaharaan BPKAD Kabupaten Banyuasin Masfarizal. 

TRIBUNSUMSEL.COM, BANYUASIN - Dalam pelaksanaan untuk memutus penyebaran Covid19 di wilayah Banyuasin, sejumlah kecamatan di Banyuasin yang menaungi kelurahan mendapatkan dana untuk pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Dana pelaksanaan PPKM di Banyuasin ini, berdasarkan anggaran yang dikeluarkan BPKAD Kabupaten Banyuasin berdasarkan permintaan yang diajukan dari Kecamatan dan Kelurahan.

"Anggaran PPKM Kecamatan Banyuasin 3 untuk lima kelurahan Rp 400 juta juta, Kecamatan Talang Kelapa untuk 6 kelurahan Rp 400 juta juta, Kecamatan Makarti Rp 90 juta, Kecamatan Betung Rp 180 juta, kecamatan Rambutan Rp 70 juta, Banyuasin 1 Rp 200 juta. Anggaran ini, dikeluarkan menggunakan APBD Banyuasin 2021," ujar Kabid Perbendaharaan BPKAD Kabupaten Banyuasin Masfarizal, Selasa (22/6/2021).

Lanjut Masfarizal, anggaran yang dikeluarkan dari APBD Banyuasin ini berdasarkan pengajuan dari kecamatan berdasarkan usulan dari kelurahan. Namun, anggaran yang diambil dari APBD hanya untuk kecamatan dan kelurahan saja.

Tetapi, untuk wilayah yang tidak ada kelurahan tidak bisa menggunakan anggaran dari APBD. Bila kecamatan tidak ada kelurahan, maka pelaksanaan PPKM yang ada di desa menggunakan Dana Desa yang berasal dari pusat.

"Anggaran sudah dikeluarkan dan kami mengeluarkan berdasarkan pengajuan dari kecamatan berdasarkan usulan kelurahan," pungkasnya.

Baca juga: Tujuh Desa di Indralaya Utara Ogan Ilir Rawan Kebakaran Lahan, Camat Turut Sibuk Siaga 24 Jam

Baca juga: Vaksinasi Massal di Kota Lubuklinggau Diundur Sabtu

Sedangkan Camat Talang Kelapa Banyuasin Arifin Nasution menjelaskan, pihaknya menggunakan anggaran dari
bantuan Pemkab Banyuasin untuk pelaksanaan PPKM di kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Talang Kelapa.

"Anggaran yang digunakan dalam pelaksanaan PPKM untuk pembuatan spanduk, tempat cuci tangan, pembelian termogen, masker, penyemprotan disinfektan. Ada enam kelurahan yang menggunakan anggaran ini," ujarnya.

Pelaksanaan PPKM di wilayah Kecamatan Talang Kelapa, untuk mengantisipasi penyebaran covid19 dengan mengaktifkan lagi posko PPKM. Pos ini, diaktifkan selama 24 jam dengan petugas penjagaan yang dibagi tiga shift.

"Petugas ini, memantau masyarakat pendatang. Sehingga di data sebagai laporan, dengan tujuan bisa memantau orang yang datang dari luar. Saat ini, masih terus berjalan baik siang dan malam tetap aktif hingga ke RT," pungkasnya.

Ikuti Kami di Google Klik

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved