Breaking News:

Penanganan Corona

550 Umat Nasrani di Palembang Disuntik Vaksin, Prioritas Tokoh Agama dan Lansia

Para peserta ini merupakan tokoh agama umat nasrani dari seluruh gereja di Palembang dan juga para jemaatnya.

SRIPO/ODI ARIA
Para umat nasrani tampak diberikan vaksinasi Covid-19 di Gereja HKBP Jalan Mayor Ruslan Palembang, Kamis (10/6/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Sebanyak 550 orang umat Nasrani Palembang diberikan suntik vaksinasi Covid-19 di Gereja HKBP Jalan Mayor Ruslan Palembang, Kamis (10/6/2021).

Vaksinasi yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang tersebut, diprioritaskan terhadap para lansia dan tokoh agama umat nasrani.

Sebelum disuntik vaksin, para masyarakat terlebih dahulu didata sesuai dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP. Selanjutnya masyarakat akan dicek kesehatannya dan diwawancarai terkait ada tidaknya penyakit penyerta atau komorbid, jika dinyatakan sehat akan langsung diberikan suntik vaksin.

Pimpinan Ressort HKBP Palembang, Pdt Leodunan Sibarani melalui Pdt. Wisno WM Sihombing MTh mengatakan vaksinasi tahap pertama ini diutamakan terhadap lansia, tokoh agama nasrani (Protestan dan Katolik), serta masyarakat Pra Lansia atau pendamping lansia. Total ada 550 umat nasrani yang disuntik vaksin Covid-19.

"Para peserta ini merupakan tokoh agama umat nasrani dari seluruh gereja di Palembang dan juga para jemaatnya," kata Wisno.

Dijelaskannya, para tokoh agama umat nasrani serta pelayanan di gereja harus sehat semua. Sebab, para tokoh agama ini sering bertemu dengan orang banyak pada saat beribadah. Maka itu, untuk melindungi sebaran Covid-19 tokoh agama dan kelompok lansia harus didahulukan dalam menerima vaksinasi.

Dengan dilakukannya vaksinasi Covid-19 terhadap para tokoh agama umat nasrani, Wisno berharap umat nasrani khususnya para jemaat tetap sehat dan terhindar dari paparan virus corona.

"Gereja harus bisa menjadi berkat dan berkontribusi terhadap jemaat. Semoga dengan adanya vaksinasi ini para jemaat terhindar dari paparan Covid-19," harapnya.

Baca juga: Pemkab Banyuasin Antisipasi Karhutla Sejak Dini, Bupati Askolani Ingatkan Hal Ini ke Masyarakat

Baca juga: Menteri PPA Bintang Puspayoga Prihatin Kasus Pada Kekerasan Anak Meningkat di Masa Pandemi

Sementara itu Plt Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Palembang, Mariana Malau menambahkan vaksinasi tersebut merupakan gabungan para jemaat dari berbagai gereja di kota pempek. Selain para lansia dan tokoh agama, para peserta vaksinasi ada juga berasal dari dari pra lansia.

Sesuai aturan yang berlaku, masyarakat pra lansia boleh mendapatkan vaksinasi Covid-19 asalkan membawa dua orang masyarakat berusia lansia di atas 51 tahun.

"Sekitar 50 persen perserta ini lansia, untuk tokoh agama 173 orang. Kalau pra lansia ini, asalkan dia bawa dua orang lansia akan mendapatkan slot vaksi juga. Vaksinasi kedua akan berlangsung pada 8 Juli nanti," ungkapnya. (sp/oca)

Ikuti Kami di Google Klik

Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved