Breaking News:

Tips Cara Mudah Mencegah Mabuk di Perjalanan, Kurangi Bermain Gadget !

Usahakan untuk beristirahat yang cukup sebelum mulai berpergian. Hindari mengonsumsi minuman beralkohol dan konsumsilah air putih atau minuman segar,

Penulis: Hartati
Editor: Weni Wahyuny
Kompasiana.Com
Tips mencegah mabuk di perjalanan 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG – Mabuk perjalanan menjadi kendala yang kerap ditemui pada sejumlah orang saat berpergian jarak jauh.

Mabuk darat biasanya ditandai dengan kondisi tidak nyaman waktu berpergian dengan kendaraan, seperti mobil, bus, kereta api, kapal laut, atau pesawat terbang.

Kondisi ini lebih sering dialami oleh anak-anak berusia 5-12 tahun, wanita hamil, dan orang lanjut usia.

Meski demikian, siapapun bisa mengalaminya jika kondisi tubuh kurang fit atau memiliki riwayat mabuk perjalanan.

Sebenarnya mabuk perjalanan tidak berbahaya, namun mengganggu yang mengalami dan orang lain di sekitarnya.

Mabuk perjalanan dapat membuat penderitanya mengalami pusing, wajah pucat, peningkatan produksi air liur, tidak nyaman pada bagian perut, lemas, mengeluarkan keringat dingin, serta kehilangan keseimbangan.

Mabuk perjalanan terjadi akibat otak tidak mampu menerima dengan baik campuran sinyal dari beberapa anggota tubuh dalam perjalanan.

Ditambah, telinga bagian dalam yang berisi cairan untuk mengatur keseimbangan tubuh merasakan guncangan ketika kendaraan melaju.

Dalam kondisi tertentu, otak tidak mampu memproses dengan baik sinyal-sinyal yang berbeda dan membuat kerja otak menjadi kacau sehingga timbul keluhan mabuk perjalanan.

Faktor yang dapat memicu dan meningkatkan risiko mabuk perjalanan di antaranya adalah kurang istirahat, perubahan hormonal karena kondisi-kondisi tertentu seperti sedang menstruasi, hamil, atau menggunakan pil KB.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved