Breaking News:

Seputar Islam

Susunan Bacaan Tahlil Saat Malam Jumat Untuk Mendoakan Orang yang Telah Meninggal

Selain memperbanyak amalan untuk diri sendiri pada waktu Malam Jumat, umat muslim juga bisa memanjatkan doa untuk keluarga yang telah meninggal.

Penulis: Novaldi Hibaturrahman | Editor: Slamet Teguh
Tribun Sumsel
Susunan-Bacaan-Tahlil-Malam-Jumat 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG- Susunan Bacaan Tahlil Malam Jumat Untuk Orang yang Telah Meninggal.

Jumat merupakan hari yang mulia dan yang terbaik di antara semua hari. Oleh karena itu Jumat merupakan hari yang tepat bagi kota untuk memanjatkan doa.

Pada malam dan hari Jumat juga dianjurkan untuk memperbanyak doa karena di dalamnya ada waktu mustajab berdoa sebagaimana dalam buku hadits Shahih al-Bukhari dan Shahih Muslim, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya:

أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَكَرَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ، فَقَالَ: فِيْهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ، وَهُوَ قَائِمٌ يُصَلِّيْ، يَسْأَلُ اللهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ، وَأَشَارَ بِيَدِهِ يُقَلِّلُهَا.

"Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menyebut hari Jum'at, lalu menyatakan, 'Di dalamnya terdapat satu saat yang tidaklah seorang hamba muslim menepatinya dalam keadaan 'berdiri melaksanakan shalat' untuk memohon sesuatu kepada Allah, melainkan Allah mengabulkan permintaannya,seraya mengisyaratkan dengan tangannya bahwa waktunya cuma sebentar."

Baca juga: Bacaan Surat Ar-Rahman 78 Ayat Lengkap, Amalan Mendapat Syafaat dan Meninggal dalam Keadaan Syahid

Baca juga: Amalan Malam Jumat : Bacaan Surat Ad Dukhan 1-59 Lengkap Dengan Latin dan Terjemahannya

Selain memperbanyak amalan untuk diri sendiri pada waktu Malam Jumat, umat muslim juga bisa memanjatkan doa yang ditujukan teruntuk keluarga dan kerabat yang telah mendahului kita.

Sebagaimana hadits Rasulullah SAW yang diriwayaktan Muslim yakni :

“Apabila seseorang telah meninggal dunia, seluruh amalnya akan terputus kecuali 3 hal, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh yang mendoakannya.” - (HR Muslim).

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini bacaan tahlil untuk mendoakan orang-orang yang sudah meninggal.

1. Membaca Al-Fatihah

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved