Breaking News:

Berita Bisnis

4 Penyebab Klaim Asuransi Mobil Sering Ditolak, Termasuk Karena SIM Mati

Tidak semua konsumen paham jenis asuransi dan cara klaimnya sehingga tidak jarang saat membeli polis asuransi mereka hanya membeli saja.

Penulis: Hartati | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/HARTATI
Customer service asuransi Astra tengah melayani konsumen yang akan mengurus asuransi kendaraannya, Kamis (3/6/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Mengasuransikan kendaraan menjadi bagian penting karena sebagai aset berharga yang wajib dilindungi agar tetap aman terjaga dan jika sewaktu-waktu hal yang tidak diinginkan terjadi kendaraan tetap aman terlindungi.

Tidak semua konsumen paham jenis asuransi dan cara klaimnya sehingga tidak jarang saat membeli polis asuransi mereka hanya membeli saja tapi saat akan diklaim terjadi kendala.

Kepala Cabang Asuransi Astra Palembang Andi mengatakan, syarat klaim asuransi mobil itu sangat mudah hanya butuh tiga dokumen saja KTP pemegang polis asuransi, SIM pengemudi terakhir atau saat terjadi kecelakaan dan STNK kendaraan yang diasuransikan.

Meski syaratnya mudah namun masih ada saja sejumlah kasus klaim ditolak karena tidak bisa memenuhi ketiga syarat tersebut.

Andi mengatakan kendala yang paling umum ditemui yakni SIM mati atau pengemudi terakhir yang mengemudikan kendaraan tidak memiliki SIM sama sekali.

Biasanya pemegang polis tahu pengemudi terkahir tidak memiliki SIM atau SIM nya mati sehingga menggantikannya dengan SIM orang lain.
Namun, setelah ditelusuri oleh pihak asuransi ketahuan bohong menggunakan SIM orang lain.

Kendala klaim ditolak yang berhubungan dengan SIM juga biasanya ada SIM namun masa berlakunya sudah habis, atau SIM tidak sesuai peruntukannya.

Misalnya saja SIM kendaraan pribadi tapi mengemudikan mobil berat yang memerlukan SIM golongan lainnya. Atau SIM C padahal mengemudikan mobil.

Alasan klaim asuransi kerap ditolak lainnya yakni polis asuransi untuk kendaraan pribadi namun digunakan untuk keperluan mobil komersil.

Misalnya saja polis asuransi mobil pribadi tapi mobilnya digunakan sebagai taksi online atau travel sehingga klaim ditolak.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved