Breaking News:

Berita Empat Lawang

Rawan Kebakaran, Kabupaten Empat Lawang Ternyata Masih Kekurangan Damkar

Meski cukup rawan kebakaran, karena memang mayoritas penduduknya membangun rumah dengan material kayu, Kabupaten Empat Lawang kekurangan

Penulis: Sahri Romadhon | Editor: Yohanes Tri Nugroho
ist
Kebakaran rumah di Empat Lawang beberapa Waktu Lalu. 

TRIBUNSUMSEL.COM, EMPAT LAWANG - Kabupaten Empat Lawang merupakan kabupaten di provinsi Sumatera Selatan yang cukup rawan terjadi musibah kebakaran, karena memang mayoritas penduduknya masih menggunakan rumah dengan material kayu.

Berdasarkan pada data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Empat Lawang, untuk tahun 2020 kemarin terdapat 18 kejadian kebakaran yang melanda masyarakat Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati.

"Untuk tahun 2020 ada 18 kejadian kebakaran 28 unit rumah jadi korban dengan rincian 19 unit rusak berat dan 14 unit rusak ringan yang memberikan dampak pada 78 KK dan merugikan 295 jiwa," Ungkap Kepala BPBD Syahrial Podril melalui Sobri, Kabid Damkar, Senin (24/05/2021).

Baca juga: RSUD Tebing Tinggi Empat Lawang Tak Miliki Fasilitas NICU, Pasien Dirujuk ke Lubuklinggau

Ditambahkannya perihal yang sering menjadi sebab kebakaran adalah korsleting listrik ditambah material utama rumah yang masih didominasi oleh kayu sehingga mudah terbakar saat musim kemarau.

"Sangat rawan kebakaran terutama untuk pemukiman rumah desa-desa yang notabene memang rumah panggung yang sudah lama,

penyebab kebakaran yang paling sering adalah korsleting listrik dimana kadang memang kondisi instalasi listrik yang masih semerawut dan kurangnya pengecekan secara berkala," Katanya.

Sobri juga menjelaskan daerah yang paling rawan mengalami kebakaran diantaranya ada kecamatan Pendopo, Muara Pinang dan Lintang Kanan.

"Dengan banyak nya kejadian kebakaran baik rumah ataupun bahkan pada lahan, saat ini kami memiliki kendala pada mobil damkar yang masih kurang serta sarana prasarana yang belum memadai," Ungkapnya.

Terakhir Sobri mengatakan kedepan pihaknya sedang mengupayakan akan tersedianya satu unit mobil damkar untuk setiap kecamatan, dimana untuk saat ini hal tersebut memang belum terwujud.

Baca juga: Jalan Penghubung Sumsel-Bengkulu di Empat Lawang Rusak, Mobil Antre Melintas

"Kabupaten Empat Lawang terdiri dari 10 kecamatan dengan jarak dan medan jalan yang cukup sulit sedangkan Jumlah mobil Damkar hanya 6 unit, dimana dalam tugas pemadaman dibagi kedalam 5 zona yaitu zona satu Kecamatan Tebing tinggi dan Kecamatan Saling serta Kecamatan Talang padang,

untuk zona dua yaitu Kecamatan Pendopo dan Kecamatan Pendopo Barat, zona 3 yaitu Kecamatan Muara Pinang dan  Kecamatan  Lintang Kanan,  zona 4 Kecamatan Ulu Musi dan Kecamatan Sikap Dalam, dan zona 5 Kecamatan Paiker, semoga saja kedepan armada mobil damkar kita akan bertambah menjadi satu kecamatan satu Damkar," Tutupnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved