Seputar Islam

Apa Itu Sujud Tilawah? Ini Arti, Hukum dan Tata Cara Melakukannya

Sujud tidak hanya dilakukan pada saat shalat. Terdapat empat macam sujud, yaitu sujud dalam shalat, sujud sahwi, sujud syukur, dan sujud tilawah

Tribun Sumsel
Apa Itu Sujud Tilawah dan kapan dilakukan 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG- Sujud termasuk dalam 13 rukun Shalat yang harus dilakukan setiap umat muslim. Dalam praktiknya, sujud dilakukan dengan berlutut serta meletakkan dahi ke lantai.

Namun perlu diketahui, sujud tidak hanya dilakukan umat Islam pada saat shalat saja.

Baca juga: Bacaan Surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas Lengkap dengan Latin dan Terjemahan, Amalan Hari Jumat

Baca juga: Amalan di Bulan Syawal Setelah Ramadhan dari Puasa Hingga Menikah, Berikut Landasan Haditsnya

Terdapat empat macam sujud, yaitu sujud dalam shalat, sujud sahwi, sujud syukur, dan sujud tilawah.

Artikel ini akan membahas mengenai sujud tilawah.

Apa itu sujud tilawah?

Sujud tilawah adalah sujud yang dilakukan disebabkan adanya bacaan Al-Qur'an, yaitu bacaan ayat-ayat sajdah atau sajadah.

Sujud tilawah dilakukan sebagai bentuk merendah atas kebesaran Allah SWT, karena hampir setiap ayat-ayat sajdah mempunyai makna yang serupa, yakni mengenai kebesaran dan bentuk menyembah kepada Allah SWT.

Hukum sujud tilawah adalah sunah, berdasarkan hadis berikut,

“Diriwayatkan dari Umar ra., ia berkata: Hai sekalian manusia, kita tidak diperintah untuk bersujud, barangsiapa yang bersujud ia mendapat pahala, dan barangsiapa yang tidak bersujud ia tidak berdosa.” [HR. al-Bukhari].

Namun bagi penganut mazhab Hanafi, hukum dari sujud tilawah adalah wajib bagi yang membaca ayat-ayat sajdah maupun yang mendengarkannya.

Baca juga: Amalan Hari Jumat Baca Surat Al Kahfi Ayat 1-20 Lengkap dengan Latin dan Terjemahannya

Baca juga: 5 Amalan yang Bisa Dilakukan Dalam Mencari Malam Lailatul Qadar

Ayat sajadah hanya terdapat dalam 15 ayat dalam al-Qur’an, namun jumlah ini masih diperselisihkan dikalangan para ulama.

Melansir dari Tribun Ramadhan ada 15 ayat sajdah yang apabila dibaca pada ayat tersebut maka setiap umat muslim yang melakukan shalat melakukan sujud tilawah.

Dalam putusan tajrih Muhammadiyah menerangkan, ada 15 ayat sajdah, yakni, surat al-A’raf (7): 206, surat alRa’d (13): 15, surat al-Nahl (16): 50, surat al-Isra’ (17): 107, surat Maryam (19): 58, surat al-Hajj (22): 18, surat al- Hajj (22): 77, surat al-Furqan (25): 60, surat al-Naml (27): 26, surat al-Sajdah (32): 15, surat Shad (38): 24, surat Fushshilat (41): 38, surat al-Najm (53): 62, surat al-Insyiqaq (84): 21, dan surat al-Alaq (96): 19.

Cara melakukan sujud tilawah

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved