Breaking News:

Berita Musirawas

Pria Muda di Musirawas Curi 2,6 Ton Buah Kelapa Sawit, Aksi Dipergoki Petugas Sekuriti

Tidak tanggung-tanggung ada ratusan janjang atau tandan berisi buah sawit dicuri dengan total berat mencapai 2,6 ton.

SRIPO/AHMAD FAROZI
Nursantoso, diamankan di Polres Musi Rawas. Dia dilaporkan melakukan dugaan pencurian buah kelapa sawit di lahan plasma PT Juanda Divisi III PNDA Desa Beliti Jaya Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas. 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUSIRAWAS - Seorang pria muda di Musirawas sengaja membawa mobil masuk kebun plasma kelapa sawit dan mencuri, Rabu (28/4/2021).

Tidak tanggung-tanggung ada ratusan janjang atau tandan berisi buah sawit dicuri dengan total berat mencapai 2,6 ton.

Informasi dihimpun, petugas keamanan (sekuriti) lahan plasma PT Juanda Divisi III PNDA Desa Beliti Jaya Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas yang sedang melaksanakan patroli rutin Rabu (28/4/2021) sekitar pukul 16.30 WIB, menemukan buah kelapa sawit yang sudah dipanen dilokasi yang dijaganya.

Melihat temuan itu, petugas keamanan kemudian menghubungi pelapor atas nama I Made Sudarsana untuk melaporkan kejadian tersebut.

Saat itu, petugas keamanan mendengar ada suara mobil yang masuk ke lahan plasma tersebut lalu melakukan pengejaran terhadap mobil tersebut. Setelah berhasil dikejar, ternyata di bak belakang mobil jenis Suzuki Carry Pikap warna hitam bernomor polisi BN-9132-CM itu terdapat puluhan janjang buah kelapa sawit.

Pihak keamanan kemudian menanyakan darimana asal buah kelapa sawit tersebut dan dijawab oleh pengendara mobil yang bernama Nursantoso (28) warga Desa Tugu Sampurna Kecamatan Muara Kelingi, bahwa buah sawit tersebut diambil dari lahan Divisi III PNDA. Buah sawit yang ada dalam bak pikup tersebut yang kemudian diketahui berjumlah 29 janjang akan dibawa keluar.

Sedangkan sisa buah kelapa sawit diduga hasil curian yang sudah dipanen namun belum sempat terangkut masih berada di lahan yang ditemukan oleh pihak keamanan sebelumnya. Atas kejadian ini, selanjutnya, Nursantoso dan barang bukti dibawa ke Polres Musi Rawas dan dilaporkan untuk diproses sesuai hukum berlaku, karena diduga telah melakukan pencurian buah sawit di lahan plasma kebun sawit Divisi III PNDA Blok J.74 Desa Beliti Jaya Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas.

Baca juga: Operasi Ketupat Musi 6-17 Mei 2021, Polrestabes Palembang Kerahkan 465 Personel, 11 Pos Penyekatan

Baca juga: Sebelum Tewas Kecelakaan di Tol Kayuagung-Palembang, Almarhum Dedi Sempat Bicara Kematian

Kapolres Musi Rawas AKBP Efrannedy mengatakan, pada Kamis (29/4/2021) sekitar pukul 20.30, pihaknya telah menerima laporan perkara pencurian dengan pemberatan tersebut. Dimana pihak pelapor adalah I Made Sudarsana dan terlapor Nursantoso.

"Akibat kejadian tersebut pihak korban mengalami kerugian berupa buah kelapa sawit sebanyak 129 janjang atau seberat lebih kurang 2,6 ton yang ditaksir senilai Rp 5,4 juta," katanya, Jumat (30/4/2021). (sp/ahmad farozi)

Ikuti Kami di Google Klik

Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved