Breaking News:

Berita Palembang

Fokus Antisipasi Larangan Mudik, Pelaksanaan Tilang Elektronik Ditunda

Ditlantas Polda Sumsel, saat ini masih fokus untuk pengamanan dan antisipasi larangan mudik yang dikeluarkan pemerintah pusat.

TRIBUNSUMSEL.COM/ARDI
Dirlantas Polda Sumsel Kombes Pol CF Hotman Sirait menjelaskan pelaksanaan tilang elektronik ditunda. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Ditlantas Polda Sumsel, saat ini masih fokus untuk pengamanan dan antisipasi larangan mudik yang dikeluarkan pemerintah pusat.

Karena, mulai tanggal 5 Mei mendatang, seluruh personil dari kepolisian sebanyak 2.100 personil ditambah personil dari TNI, Dinas kesehatan, Dishub dan lainnya, setidaknya hampir 3000 personil yang diterjunkan.

Lantaran fokus untuk pengamanan dan antisipasi larangan mudik dari pemerintah pusat, Ditlantas Polda Sumsel saat ini menunda lauching dan juga pemberlakuan sistem ETLE atau tilang elektronik.

Lauching dan penerapan sistem ETLE atau tilang elektronik, sebetulnya akan dilaksanakan pada tanggal 28 April yang lalu. Namun, setelah adanya instruksi pemerintah pusat terkait larangan mudik, dari Korlantas Mabes Polri memberikan informasi kepada Ditlantas Polda Sumsel terkait penundaan lauching penerapan sistem ETLE.

"Saat ini, kami dan jajaran sedang fokus terkait instruksi pemerintah pusat tentang larangan mudik. Sehingga, launching dan pelaksanaan sistem ETLE ditunda hingga selesai lebaran," ujar Dirlantas Polda Sumsel Kombes Pol CF Hotman Sirait, Jumat (30/4/2021).

Baca juga: Ditlantas Polda Sumsel Luncurkan Layanan Cek Fisik Mobile, Siap Dipanggil ke Rumah, Ini Nomornya

Baca juga: BREAKING NEWS: Picandi Mosko Tersangka Alat Tes Antigen Bekas di Medan Ternyata Warga Lubuklinggau

Meski launching dan penerapan sistem ETLE ditunda, lanjut Hotman, pelaksanaan uji coba penggunaan kamera ETLE tetap terus dilaksanakan. Ujicoba penerapan sistem ETLE terhadap pelanggaran yang dilakukan pengendara tetap terus dipantau.

Sejumlah kamera ETLE juga terus di ujicoba. Dua titik dimana kamera ETLE yang sudah terpasang tidak mengalami kendala, dan sudah bisa melakukan penilangan secara online. Akan tetapi, untuk tujuh titik kamera ETLE yang dipasang saat ini juga masih terus dilakukan penyempurnaan untuk koneksi data ke server hingg koneksi jaringan internet.

"Setelah operasi ketupat Musi 2021 selesai, baru akan kembali fokus untuk sistem ETLE. Kami juga menunggu informasi dari Korlantas Mabes Polri, kapan waktunya untuk waktu lauching dan penerapan sistem ETLE," pungkas Hotman.

Ikuti Kami di Google Klik

Penulis: M. Ardiansyah
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved