Breaking News:

Ramadhan 1442 Hijriah

6 Golongan Paling Berhak Menerima Sedekah Dalam Islam, Ternyata Berbeda Dengan Penerima Zakat

Siapakah orang-orang yang berhak menerima sedekah? apakah sama dengan golongan orang yang menerima zakat? Sedekah sendiri dimaknai sebagai pemberian

tribun cirebon
6 Golongan Yang Paling Berhak Menerima Sedekah Dalam Islam, Ternyata Berbeda Dengan Penerima Zakat 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - 6 Golongan Yang Paling Berhak Menerima Sedekah Dalam Islam, Ternyata Berbeda Dengan Penerima Zakat.

Siapakah orang-orang yang berhak menerima sedekah? apakah sama dengan golongan orang yang menerima zakat?

Sedekah sendiri dimaknai sebagai pemberian yang muncul dari hati yang penuh dengan iman, niat yang tulus serta semata-mata hanya mengharapkan ridho Allah SWT.

Terdapat banyak hadist dan Ayat Al-Quran yang menganjurkan muslim untuk selalu bersedekah sesuai kemampuannya. Adapun beragam manfaat dan kemuliaan mengeluarkan sedekah diantaranya : mencegah kematian buruk, meredam murka Allah SWT, 70 pintu keburukan ditutup, didoakan malaikat, menolak bala, dinaikkan kemuliaan dan derajatnya, serta terhindr dari siksa api neraka.

Selain itu, sebenarnya sedekah boleh diberikan kepada siapa saja, kapan saja, dimana saja dan dalam bentuk apa saja. Namun, Allah SWT menganjurkan untuk memberikan sedekah kepada orang-orang berikut ini:

Berikut 6 Orang Yang Paling Berhak Menerima Sedekah

1. Anak-anaknya

Sayyid Sabiq dalam kitabnya yang berjudul Fiqh Sunnah menyebutkan jika orang yang paling layak menerima sedekah adalah Anak-anaknya baru kemudian Keluarga dan Kerabat dekatnya.

Hadist yang diriwayatkan oleh Muslim dan Abu Daud juga mengatakan, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “ “Cukup Besarlah dosa seseorang jika dia menyia-nyiakan tanggungannya.” (HR. Muslim dan Abu Daud)

Dari hadis-hadis diatas maka disimpulkan jika orang pertama yang paling berhak mendapatkan sedekah adalah anak-anaknya. Namun jika anaknya dan dirinya telah merasa tercukupi, barulah diperbolehkan bersedekah kepada orang lain.

Halaman
123
Penulis: Anggraini Munanda Effani
Editor: M. Syah Beni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved