Berita Palembang

PPDB SD dan SMP di Palembang Digelar Online, Ini Kendala yang Ditemukan Sekolah

Banyak orangtua yang salah mendaftar misalnya mendaftar lewat jalur prestasi tapi tak memenuhi syarat seperti lampiran piagam.

Penulis: Sri Hidayatun | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/SRI HIDAYATUN
Sejumlah orangtua saat hari kedua Penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SMPN 17 Palembang, Selasa (27/4/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD dan SMP Negeri di Kota Palembang saat ini memasuki hari kedua. Berbagai macam pun ditemukan oleh sekolah yang menggelar PPDB secara online ini.

Seperti di SMP Negeri 17 Palembang yang menggelar PPDB secara online.

Kepala SMPN 17 Palembang, Dra Hj Tetrayanti, M.Si mengatakan dalam pelaksanaan PPDB ini beberapa masalah yang ditemukan yakni banyak orangtua yang salah daftar atau tak memperhatikan jalur-jalur yang ada.

"PPDB ini digelar dengan sistem zonasi 50 persen, afirmasi 15 persen, mutasi 5 persen dan prestasi 5 persen," ujarnya, Selasa (27/4/2021).

Lanjut dia, banyak orangtua yang salah mendaftar misalnya mendaftar lewat jalur prestasi tapi tak memenuhi syarat seperti lampiran piagam.

"Inilah yang kita dapatkan selama dua hari ini, makanya kita telepon kembali orangtua calon siswa ini dan untuk mencabut ulang dan mendaftar kembali lewat jalur yang sesuai," ungkap dia.

Bahkan, saat ditelpon oleh pihak panitia terkadang calon orangtua siswa ini juga banyak yang marah-marah sehingga terkadang panitia harus ekstra sabar.

Karena itu, ia tak henti mengatakan kepada orangtua calon siswa ini untuk memperhatikan betul sesuai jalurnya.

"Jadi panitia kita ini harus lembur sampai tengah malam karena harus melihat data-data yang masuk," jelas dia

Selain itu, permasalah lainnya yakni sinyal. "Untuk mendownland satu berkas siswa saja lama sekali butuh berjam-jam ini yang juga kadang jadi kendala," ungkapnya.

Dan juga banyak orangtua calon siswa juga mengeluhkan sulit untuk masuk karena juga pendaftaran berbarengan dengan belajar daring.

"Dari hari pertama sampai per pagi ini banyak sekali calon pendaftar yang kesini yakni jadi 287 calon siswa yang sudah daftar," ungkap dia.

Untuk daya tampung, SMPN 17 Palembang tahun ini akan menampung hanya 8 rombel atau sebanyak 256 siswa.

"Jadi nnati setelah pendaftaran PPDB ini akan diumumkan yang lolos. Dan bagi yang tidak lolos akan mengikuti tes potensi akademik untuk memenuhi kuota yang ada," ungkapnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved