Breaking News:

Mengenal Apa Itu Mutasi Ganda Virus Corona B1617 di India, Ini Bedanya dengan Varian B117

Untuk varian B.1.617, Siti Nadia Tarmizi mengatakan, varian baru virus corona tersebut mengandung dua mutasi sekaligus. Keduanya yakni E484Q dan L452R

AP via Kompas.com
Beberapa tumpukan kayu pemakaman pasien yang meninggal karena penyakit COVID-19 terlihat terbakar di tanah yang telah diubah menjadi krematorium kremasi massal korban virus corona, di New Delhi, India, Rabu (21/4/2021) 

TRIBUNSUMSEL.COM-Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi, memastikan tidak ada satu pun dari 10 kasus baru di Indonesia terpapar varian mutasi ganda B.1.617.

Beberapa orang menyalahkan munculnya mutasi ganda dari varian baru virus corona yang menyebabkan badai Covid-19 di India.

Apa itu mutasi ganda virus corona? Seperti apa ancamannya?

Varian mutasi ganda B.1.617 bereda dengan varian B.1.1.7.

varian B.1.1.7 diketahui lebih menular hingga 70 persen dibandingkan dengan varian awal virus corona yang ditemukan di Wuhan, China.

Varian B.1.1.7 telah dilaporkan di banyak negara di dunia, sejak kali pertama ditemukan di Inggris dan merupakan mutasi pertama dari virus SARS-CoV-2 ini.

Mutasi pertama itu muncul di London, Inggris, pada September 2020, setelah ditemukan beberapa orang yang terinfeksi Covid-19 menunjukkan virus corona yang menginfeksinya tampak berbeda.

Pemerintah setempat langsung memberlakukan lockdown ketat. Upaya itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona yang telah bermutasi itu keluar dari Inggris.

Baca juga: Kondisi Memburuk Ada 2.767 Kematian 24 Jam Terakhir, Ini Senjata India Melawan Covid-19

Namun, varian B.1.1.7 tersebut telah dilaporkan di Belanda, Denmark, dan beberapa negara lain di Eropa. Terbaru, di Thailand, saat ini telah menyebabkan lonjakan kasus Covid-19 harian capai lebih dari 2.000 kasus.

Seperti diberitakan Kompas.com, Kamis (4/3/2021), kendati cara penularan varian B.1.1.7 sama dengan virus corona sebelumnya, mutasi virus pada varian tersebut membantu memasuki sel manusia dengan lebih mudah.

Halaman
12
Editor: Wawan Perdana
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved