Breaking News:

Arti Palung Adalah? Palung Mariana Terdalam di Dunia Berada di Mana? Ini Penjelasannya

Setelah peristiwa tenggelamnya Kapal Selam KRI Nanggala 402, banyak beredar video tentang kehidupan bawah laut dalam beberapa hari terakhir

Julia Joppien/ Unsplash
Ilustrasi kehidupan bawah laut. Setelah peristiwa tenggelamnya Kapal Selam KRI Nanggala 402, banyak beredar video tentang kehidupan bawah laut dalam beberapa hari terakhir. 

TRIBUNSUMSEL.COM-Setelah peristiwa tenggelamnya Kapal Selam KRI Nanggala 402, banyak beredar video tentang kehidupan bawah laut dalam beberapa hari terakhir. Banyak yang penasaran. Apa itu palung?

Palung berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah 1. tanah yang berlekuk dalam dan berisi air; paluh; 2. daerah yang terletak di antara dua daerah tekanan tinggi dan mempunyai tekanan udara lebih rendah daripada tekanan udara di sekitarnya.

Palung terdalam di bumi adalah Palung Mariana. Sampai saat ini, masih banyak misteri yang belum bisa terungkap mengenai kehidupan di dalam palung ini.

Palung Mariana adalah palung paling dalam yang terletak di dasar laut dengan lokasi terdalamnya berada di kerak Bumi.

Palung Mariana berada di Pasifik barat timur Filipina dan sekitar 200 km timur Kepulauan Mariana.

Palung Mariana berbentuk bulan sabit yang membentang sepanjang 2.550 km dengan lebar 69 kilometer.

Kedalaman Palung Mariana mencapai hampir 11 km. Jika Gunung Everest dijatuhkan ke Palung Mariana, dasar Palung Mariana masih berada lebih dari 1,6 km di bawah air.

Karena kedalamannya yang ekstrem, Palung Mariana diselimuti kegelapan abadi dengan suhu hanya beberapa derajat di atas titik beku.

Tekanan air di dasar Palung Mariana pun mencapai 8 ton per inci persegi atau sekitar seribu kali tekanan atmosfer standar di permukaan laut.

Dilansir dari Live Science, pada tahun 1960, Jacques Piccard dan Don Walsh berhasil menyentuh kedalaman 10.916 meter dengan kapal selam Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) Trieste.

Halaman
12
Editor: Wawan Perdana
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved