Breaking News:

Berita Empat Lawang

Siapkan 3 Titik Pos Cegat, Polres Empat Lawang Siap Kawal Arus Mudik Lebaran 2021

Jika ditemukan bus kota dan ataupun kendaraan bernomor plat luar daerah maka langsung kami suruh putar balik.

Penulis: Sahri Romadhon | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/SAHRI ROMADHON
Salah satu titik pencegatan arus mudik di Kabupaten Empat Lawang, Sabtu (24/4/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, EMPAT LAWANG - Menanggapi larangan mudik dikeluarkan pemerintahan pusat beberapa waktu lalu, Kabupaten Empat Lawang yang merupakan daerah yang dilalui oleh Jalan Lintas Sumatera maupun Jalan Lintas Bengkulu dan menjadi jalur lintasan para pemudik.

Berdasarkan pantauan baik di pintu gerbang masuk Empat Lawang Kecamatan Tebing tinggi belum terlihat penjagaan yang ketat dari petugas terkait.

Kapolres Empat Lawang AKBP Wahyu Sik, mengatakan pihaknya telah menyiapkan 3 titik pos penjagaan yaitu ada di perbatasan Simpang Perigi (Jalan Lintas Sumatera - Bengkulu), Perbatasan Talang Gunung (Jalan Lintas Sumatera Palembang - Lubuk Linggau), dan di depan Kantor Polsek Tebing Tinggi (dekat pasar).

"Saat ini pihak kami sedang melalukan penyusunan terkait 3 titik pos penyekatan tersebut oleh bagian Kabag Ops Empat Lawang," ungkap Wahyu melalui pesan whatsapp. Sabtu (24/04/2021).

Sementara itu dikonfirmasi oleh Kabag Ops Empat Lawang Iptu Harsono, mengatakan pelaksanaan operasi pencegatan oleh pihak aparat polisi akan dimulai 6 hingga 17 Mei mendatang,

Namun demikian katanya, untuk tanggal 22 April hingga 24 Mei pihaknya sekedar melakukan sosialisasi ke desa-desa, kades, tokoh agama dan masyarakat untuk tidak mudik, dan mematuhi imbauan pemerintah pusat.

"Tanggal 22 April hingga 24 Mei kami aparat kepolisian melalui Babinsa, Babin kamtibmas melakukan sosialisasi ke desa-desa Kades, tokoh agama, maupun masyarakat, menghimbau agar jelang 6 Mei, atau H-7 Lebaran Idul Fitri untuk tidak mudik, " Katanya.

Harsono juga menjelaskan personil yang akan di kerahkan saat operasi pencegatan arus mudik ada sebanyak 54 personel.

"Untuk personel ada sebanyak 54 personel yang kemudian akan diterjunkan dari berbagai fungsi yakni lantas, sabhara, reskrim, intel hingga Polsek," Sambungnya.

Baca juga: Ahli Epidemiologi Imbau Masyarakat Tidak Mudik, Pemerintah Diimbau Antisipasi Lonjakan Kasus Covid

Baca juga: Mualaf Tak Hanya Sebutan Orang Baru Memeluk Islam, Berikut 3 Kategori Mualaf

Terakhir untuk mekanisme yang akan dilakukan polisi nantinya, tidak akan memperboleh kan kendaraan bus Kota, atau kendaraan pribadi ber plat luar melintas atau masuk. Jika ditemukan akan disuruh putar balik.

"Jika ditemukan bus kota dan ataupun kendaraan bernomor plat luar daerah maka langsung kami suruh putar balik. Kemudian untuk mekanisme lain bagi kendaraan dalam kota mau ke luar kota harus menunjukkan persyaratan seperti hasil tes negatif Covid-19, " tutupnya.

Ikuti Kami di Google Klik

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved