Breaking News:

Amalan Ramadhan

5 Amalan Ramadhan untuk Wanita Yang Sedang Nifas, Tetap Mengumpulkan Pahala Berlipat di Bulan Suci

Fase nifas merupakan kodrat wanita yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Adapun fase ini terkadang cukup mengecewakan para wanita karena tidak dapat m

Penulis: Anggraini Munanda Effani | Editor: M. Syah Beni
tribunsumsel.com
5 Amalan Ramadhan untuk Wanita Yang Sedang Nifas, Tetap Mengumpulkan Pahala Berlipat di Bulan Suci 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - 5 Amalan Ramadhan untuk Wanita Yang Sedang Nifas, Tetap Mengumpulkan Pahala Berlipat di Bulan Suci.

Nifas merupakan darah yang keluar dari rahim seorang wanita selepas melahirkan atau setelah melahirkan yang berlangsung sekitar empat minggu sampai enam minggu lamanya.

Dalam masa nifas wanita tidak diperbolehkan untuk melaksanakan puasa, sholat wajid dan sunnah, tadarus Al-Qur’an, memegang mushab, berdiam diri ataupun berkeliaran di dalam masjid, tawaf hingga tidak boleh mengqodho’ shalatnya.

"Ahlul ilmi telah sepakat bahwa wanita haid dan nifas tidak halal untuk berpuasa, bahkan keduanya harus berbuka pada bulan Ramadhan dan mengqadhanya. Bila diantara keduanya tetap berpuasa, maka puasa tersebut tidak mencukupi keduanya (dinyatakan tidak sah)," diriwayatkan Al-Mughni, kitab Ash-Shiyam, Mas'alah wa Idza Hadhatil Mar'ah au Nafisat).

Fase nifas merupakan kodrat wanita yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Adapun fase ini terkadang cukup mengecewakan para wanita karena tidak dapat mengikutsertakan diri untuk melakukan amalan ibadah pada bulan Ramadhan.

Namun Anda jangan khawatir, meskipun dilarang untuk melakukan amalan ibadah diatas. Anda masih bisa juga melakukan amalan lainnya.

Berikut amalan Ramadhan yang bisa dilakukan oleh wanita yang sedang dalam masa nifas:

1. Berdzikir

Para ulama telah bersepakat bahwa wanita yang sedang dalam masa nifas diperbolehkan untuk berdzikir.

Adapun bacaan yang diperbolehkan adalah bacaan tasbih (Subhanallah), tahlil (Laa ilaha’ ilallah), dan tahmid (Alhamdulillah).

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved