Breaking News:

Penjelasan Ustadz Abdul Somad Terkait Hukum Ziarah Kubur Jelang Ramadhan

Dalam sebuah ceramah, Ustaz Abdul Somad mendapatkan pertanyaan mengenai hukum ziarah kubur. Menurut ustaz asal Sumatera itu, ziarah kubur dibolehkan

Editor: Siemen Martin
TRIBUNSUMSEL.COM/MOCHAMAD KRISNARIANSYAH
Masyarakat kota palembang melakukan ziarah ke pemakaman di TPU kandang kawat di jalan Bambang Utoyo, minggu (05/10/2014) 

TRIBUNSUMSEL.COM - Tradisi umat muslim melakukan ziarah kubur ke makam orangtua atau kerabat yang telah meninggal dunia jelang Ramadhan selalu dilakukan.

Dalam sebuah ceramah, Ustaz Abdul Somad mendapatkan pertanyaan mengenai hukum ziarah kubur.

Menurut ustaz asal Sumatera itu, ziarah kubur diperbolehkan.

Namun, untuk waktunya, tidak terbatas hanya menjelang bulan Ramadhan saja.

“Kapan saja boleh. Mau menjelang puasa, sedang bulan puasa atau setelah bualan puasa, bebas saja," ujar Ustaz Abdul Somad.

"Lalu mengapa orang-orang kita sering berziarah kubur menjelang bulan puasa? Mungkin saja karena dia baru bisa libur pas mau puasa atau saat sedang bulan puasa. Bisa juga karena hatinya sedang lapang, ingin mengingat Allah maka pergilah di ke kubur, mau mengingat mati,” tambahnya.

Amalan dan Doa Pengganti Ziarah Kubur Menjelang Ramadhan di Tengah Pandemi Corona

Ziarah makam sebelum masuk bulan suci Ramadhan telah menjadi tradisi umat muslim Indonesia.

Masayarakat biasanya berbondong datang ke tempat pemakaman umum, untuk menengok sanak saudara yang lebih dulu meninggal.

Namun di tengah kondisi pandemi corona, ruang gerak manusia yang dibatasi pemerintah untuk selamat dari paparan virus membuat masyarakat dilema.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved