Breaking News:

Berita Palembang

SKB 4 Menteri Anjurkan Juli Tatap Muka, Ini Kata Kadisdik Sumsel 

SKB 4 Menteri Anjurkan Juli Tatap Muka, Menaggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Riza Pahlevi menggelar rapat.

Penulis: Sri Hidayatun | Editor: Yohanes Tri Nugroho
TRIBUNSUMSEL.COM/SRI
Rapat kebijakan SKB 4 Menteri tentang Sekolah Tatap Muka pada Juli 2021 dan sosialisasi nomenklatur, di Aula SMAN 1 Palembang, Kamis (1/4/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM.PALEMBANG- Pemerintah melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  (Mendikbud) Nadiem Makarim menegaskan semua sekolah harus sudah membuka belajar tatap muka pada Juli 2021.

Menurutnya Nadiem, belajar tatap muka di sekolah,  sudah bisa dilaksanakan saat ini. Setelah keputusan SKB 4 Menteri telah ditetapkan.

Menaggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Riza Pahlevi mengatakan terkait SKB 4 Menteri ini harus dicermati dulu.

Dalam point tersebut, kata dia satuan pendidikan yang gurunya sudah divaksin termasuk tenaga pendidik seperti tukang kebun.

"Jadi itu boleh proses tatap muka secara terbatas asalkan kalau semua guru dan pegawai sudah divaksin," ujarnya saat melakukan rapat kebijakan SKB 4 Menteri dan sosialisasi nomenklatur, di Aula SMAN 1 Palembang, Kamis (1/4/2021).

Baca juga: Siapkan Belajar Tatap Muka Juli 2021, Sekolah di Lubuklinggau Gelar Simulasi 

Ia mengatakan surat edaran Gubernur pada akhir Desember 2020 yang menunda pembelajaran tatap muka semester II sampai semua guru divaksin.

"Sebelumnya Pak Gub kita juga sudah buat surat edaran ini sebelum SKB 4 Menteri. Jadi sama sih sinkron kita juga masih menunggu jika semua guru sudah divaksin," jelas dia.

Karena itu, pihaknya saat ini mempercepat proses vaksinasi untuk guru dan pegawai agar proses pembelajaran tatap muka dapat berjalan di Juli nanti.

"Saat ini yang vaksin untuk guru di Sumsel sudah mencapai 30 persen untuk SMA, SMK , SLB ya dan kita yakin ini akan cepat 100 persen," jelas dia.

Bahkan pihaknya meminta kepada Dinkes agar melakukan vaksinasi massal untuk guru agar cepat selesai. "Bila perlu tenaga medis datangi ke sekolah biar cepat dan tahu mana yang sudah dab belum divaksin," bebernya.

Baca juga: Menteri Nadiem Sebut Juli Sekolah Tatap Muka, Ini Kata Wawako Palembang Finda

Namun, pihaknya juga masih menunggu arahan atau surat edaran dari Gubernur Sumsel.

"Walaupun nanti proses tatap muka ini berjalan, intinya semua keputusan terakhir dari orangtua masing-masing. Jika orangtua tak mengizinkan juga tidak bisa walaupun Menteri sudah izinkan, Gubernur, Kadis, Kabid, Kepsek semua keputusan di orangtua siswa," jelas dia.

Walaupun nanti ada orangtua siswa tidak mengizinkan, maka sekolah tak boleh memberi sanksi tapi lakukan mediasi dan tetap fasilitasi untuk pembelajaran jarak jauh.

"Jika nanti pembelajaran tatap muka berjalan kita juga meminta proses daring juga masih tetap digelar," ungkapnya.

Lanjut Riza, saat ini siswa juga sudah melakukan pembelajaran tatap muka secara terbatas yakni untuk SMK melakukan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) dan SMA yang sedang berlangsung saat ini Ujian Satuan Pendidikan.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved