Breaking News:

Vaksin Corona

Penjelasan Lengkap Tentang Vaksin AstraZeneca Buatan Inggris, Ini Efikasi dan Efek Sampingnya

Sebelum memberikan izin penggunaan darurat, BPOM telah melakukan evaluasi bersama Komite Nasional Penilai Obat dan pihak lainnya

Sekretariat Negara
Pengiriman Vaksin AstraZeneca Tiba di Bandara Soekarno Hatta, Senin (8/3/2021). Vaksin Covid-19 asal perusahaan farmasi AstraZeneca Inggris ini, telah mendapat izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan BPOM) Indonesia. 

TRIBUNSUMSEL.COM-Vaksin Covid-19 asal perusahaan farmasi Inggris, AstraZeneca, telah mendapat izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan BPOM) Indonesia.

Pengiriman 1.113.600 Vaksin AstraZeneca dengan total berat 4,1 ton telah tiba di Indonesia, Senin (8/3/2021).

Sebelum memberikan izin penggunaan darurat, BPOM telah melakukan evaluasi bersama Komite Nasional Penilai Obat dan pihak lainnya.

Vaksin Covid-19 AstraZeneca ini memiliki efikasi sebesar 62,1 persen

Efikasi vaksin dengan dua dosis tadi dihitung sejak 15 hari pemberian dosis hingga pemantauan dua bulan menunjukkan efikasi sebesar 62,1 persen.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, vaksin AstraZeneca merupakan bagian awal dari tahap pertama pemberian vaksin melalui jalur multilateral.

Dalam tahap pertama yang berlangsung hingga Mei 2021, Indonesia akan memperoleh total 11.748.000 vaksin jadi.

Efek Samping

Dilansir dari situs informasi Pemerintah Inggris, gov.uk, sama seperti semua obat dan vaksin lain, AstraZeneca juga dapat memunculkan potensi efek samping.

Namun, tidak semua orang akan mengalaminya. Dalam sejumlah studi klinis terhadap vaksin tersebut, kebanyakan efek samping adalah ringan sampai sedang yang sembuh dalam beberapa hari dan pada beberapa kasus hingga satu minggu setelah vaksinasi.

Halaman
1234
Editor: Wawan Perdana
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved