Breaking News:

Berita OKI

Kapolda Sumsel Perintahkan Polres OKI Bersiap Antisipasi Karhutla

Kapolda Sumsel Irjen Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri, M.M memberikan perhatian khusus ke wilayah OKI untuk mengantisipasi Karhutla.

TRIBUNSUMSEL.COM/WINANDO
Kapolda Sumsel Irjen Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri, M.M. memberikan perhatian kepada wilayah OKI terkait Karhutla 2021. 

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG -- Perhatian khusus diberikan bagi Kabupaten Ogan Komering Ilir dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) di Provinsi Sumatera Selatan.

Hal tersebut dikarenakan, seperempat luas wilayah Bumi Bende Seguguk merupakan lahan rawa gambut.

Dibincangi di sela acara kunjungan ke Mapolres OKI, Kamis (25/2/2021). Kapolda Sumsel Irjen Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri, M.M menyatakan meskipun situasi masih sering hujan, namun himbauan harus dilakukan sedini mungkin.

"Jika mengacu dari rilis BMKG memang puncak musim kemarau akan terjadi di bulan Juni dan Juli mendatang, tetapi mulai dari sekarang kita terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat supaya tidak melakukan pembakaran hutan," kata Irjen Pol Eko Indra.

Baca juga: Bergerak Saat Server BRI Sedang Gangguan, Komplotan OKI Pembobol Rekening Raup 18 Miliar

Menjadi langganan hotspot tertinggi di Provinsi Sumsel, ia akan memfokuskan personil untuk dikirim guna membantu di Kabupaten OKI jika situasi mengkhawatirkan.

"Memang menjadi fokus saya, apalagi Kecamatan Tulung Selapan dan wilayah sekitarnya yang jadi daerah paling rawan karhutla, makanya saya instruksikan Kapolres untuk bersiap dengan personil dan peralatan," ungkapnya.

Dikatakan lebih lanjut, secara serentak hari ini seluruh Polres melakukan kegiatan apel pasukan dan persiapan dalam mengantisipasi Karhutla di wilayah masing-masing.

"Kemarin kita sudah melaksanakan pengecekan personil dan peralatan di  Polda Sumsel dan hari ini seluruh satuan Polres melakukan kegiatan yang sama," 

"Kemudian hari Senin depan kita bersama Gubernur dan instansi terkait akan mengadakan rapat persiapan antisipasi karhutlah sedini mungkin," terang orang nomer satu ditubuh Polda Sumsel.

Baca juga: Sedang Menyapu Jalan, Honorer Petugas Kebersihan di OKI Tertabrak Motor, Kritis Tak Sadarkan Diri

Sementara itu, Kapolres OKI AKBP Alamsyah Pelupessy menambahkan pihaknya akan segera menerjunkan squad drone ke beberapa wilayah langganan karhutla.

"Seperti intruksi Kapolda tadi, selain sosialisasi dan himbauan semakin dimasifkan. Kami juga akan melakukan patroli rutin melalui darat dan udara dengan tim drone squad," ucap Kapolres.

Masih kata Kapolres, seperti yang pernah dilakukan sebelumnya dirinya juga akan melakukan patroli bersama personil yang lain untuk menjangkau wilayah rawan karhutlah.

"Biasanya kita juga melakukan patroli dengan mengendarai kendaraan motor trail supaya bisa menjangkau kawasan rawan karhutlah," pungkasnya.

Penulis: Winando Davinchi
Editor: Yohanes Tri Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved