Breaking News:

PTBA Akan Bangun PLTS Berkapasitas 200 MW

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) berencana mengembangkan bisnis Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)  berkapasitas hingga mencapai 200 MegaWatt (MW).

TRTIBUNSUMSEL.COM/IKA
Sekper PTBA, Appolonius Andwie C 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUARAENIM- PT Bukit Asam Tbk (PTBA) berencana mengembangkan bisnis Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)  berkapasitas hingga mencapai 200 MegaWatt (MW).

Sekretaris Perusahaan PTBA, Apollonius Andwie C, memaparkan rencana tersebut kepada Tribunsumsel.com, Selasa, (23/2/2021).

"PTBA berencana akan menggarap proyek pengembangan PLTS di lahan pasca tambang milik perusahaan baik yang berada di Ombilin, Sumatera Barat dan Tanjung Enim,"katanya.

Ia juga mengatakan pengembangan PLTS di Ombilin dan Tanjung Enim tersebut akan dibangun dalam skala besar.

"PLTSnya akan kita bangun skala besar dengan kapasitas mencapai 200 MW yang ditargetkan selesai pada 2022,"katanya.

Saat ini pengembangan PLTS berada dalam tahap studi pengembangan dan perencanaan, serta pembicaraan dengan PT PLN (Persero). 

“Kami akan bahas dulu hal ini dengan PLN agar bisa jadi IPP (Independent Power Producent ) dan menyesuaikan dengan kebutuhan PLN," katanya.

Selain rencana pembangunan PLTS di lahan bekas tambang dalam skala besar, PTBA juga telah membangun beberapa PLTS, baik program sinergi dengan BUMN lainnya maupun dalam program Corporate Social Responsibility (CSR). 

Di antaranya adalah pembangunan PLTS diatap Gedung Airport Operation Control Center (AOCC) Bandara Soekarno Hatta Tanggerang, Banten bersama PT Angkasa Pura II (Persero). 

"Pembangkit dengan kapasitas 241 KWP tersebut telah mulai beroperasi pada Oktober  2020 yang lalu," papar Apollo.

Sementara itu lanjutnya untuk proyek PLTS yang termasuk dalam program CSR adalah PLTS Irigasi Pasawaran- Lampung yang beroperasi sejak Oktober 2020, PLTS Irigawi Talawi-Sawahlunto yang beroperasi sejak 2019, PLTS Irigasi Tanjung Raja, dan PLTS untuk Yayasan Az-Zawiyah di desa Tanjung Batu, Ogan Ilir. 

“Pembangunan PLTS ini untuk memenuhi kebutuhan listrik yayasan tersebut,” ujarnya.

Penulis: Ika Anggraeni
Editor: Yohanes Tri Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved