Breaking News:

Manca Negara

Dubes Italia Tewas Ditembak Pemberontak di RD Kongo Saat Konvoi Mobil PBB

Dubes bernama Luca Attanasio itu tewas dengan mengalami luka parah. Dua orang lainnya juga tewas dalam serangan itu.

Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNSUMSEL.COM, GOMA- Aksi penembakan terjadi terhadap konvoi mobil Program Pangan Dunia (WFP) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di kawasan timur, Kongo dekat Gom. Insiden itu menyebabkan Duta Besar Italia untuk Republik Demokratik (RD) Kongo tewas, pada Senin (22/2/2021).

Menurut sumber diplomat senior di Kinshasa dan pemerintah di Roma yang dikutip AFP, Dubes bernama Luca Attanasio itu tewas dengan mengalami luka parah. Dua orang lainnya juga tewas dalam serangan itu, kata Mayor Guillaume Djike, juru bicara tentara di provinsi Kivu Utara kepada AFP. Sumber lain mengatakan, keduanya adalah sopir dan pengawal Dubes Attanasio.

Kematian Attanasio dikonfirmasi di Roma oleh Kementerian Luar Negeri Italia, yang juga mengatakan seorang polisi Italia tewas. Attanasio diangkat menjadi Dubes Italia di RD Kongo pada 2018.

Duka Dipesta Pernikahan, Pengantin Wanita Saksikan Keluarga Tewas Saat Sedang Asyik Menari, Tragis

Ia menderita luka di perut dan dibawa ke rumah sakit Goma dalam kondisi kritis, kata diplomat di Kinshasa tersebut. Tentara RD Kongo mengatakan, pasukannya sedang mencari penembak di daerah itu.

Sebagai negara yang luasnya seukuran Eropa barat, RD Kongo bergulat dengan banyak konflik terutama di wilayah timur yang terpencil dan kaya mineral.

Puluhan milisi berkeliaran di empat provinsi timur, banyak dari mereka adalah pasukan sisa perang 1990-an yang melibatkan negara-negara sekitar Afrika tengah-selatan dan merenggut jutaan nyawa.

Baca juga: Johan Anwar Wabup OKU Terpilih Statusnya Tahanan KPK, Akankah Dilantik? Ini Penjelasan Kemendagri

Penembakan kali ini terjadi di utara Goma, wilayah yang ada Taman Nasional Virunga yang terdaftar di UNESCO dan juga bermasalah dengan kekerasan. Badan pengungsi PBB UNHCR pekan lalu mengatakan, lebih dari 2.000 warga sipil tewas di Kivu Utara dan Selatan, serta Ituri tahun lalu.

--------

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dubes Italia Tewas Ditembak di RD Kongo"

Editor: Hanafijal
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved