Breaking News:

Tilang Elektronik di Palembang Mulai April, Ini Kata Ditlantas Polda Sumsel

Penerapan Tilang Elektronik di Kota Palembang bakal menunggu waktu. Ditlantas Polda Sumsel tengah melakukan persiapan pemasangan Kamera CCTV .

CCTV yang akan digunakan dalam sistem tilang elektronik.Ditlantas Polda Sumsel, terus melakukan persiapan untuk pemasangan kamera CCTV dan juga perangkat lunak dari tilang elektronik. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Ditlantas Polda Sumsel, terus melakukan persiapan untuk pemasangan kamera CCTV dan juga perangkat lunak dari tilang elektronik.

Dirlantas Polda Sumsel Kombes Pol Cornelis Ferdinand Hotman Sirait menjelaskan, pihaknya bersama instansi terkait sudah melakukan survei titik-titik yang akan dilakukan pemasangan kamera CCTV dan perangkat lunak tilang elektronik.

Sistem ETLE yang akan dilaksanakan pada April mendatang di wilayah Sumsel khususnya Palembang, merupakan program kerja 100 hari Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo yang salah satunya untuk mengurangi kontak langsung antara anggota di lapangan dengan pelanggar lalu lintas.

Baca juga: Ini Link Pendaftaran Online Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia di Palembang, Lampung, Jambi, Bengkulu

"Secara otomatis, kamera ini akan merekam kendaraan yang melanggar peraturan lalu lintas. Sekecil apapun pelanggaran, perangkat lunak akan langsung memerintahkan CCTV mendeteksinya dan merekamnya," ujar Hotman ketika dihubungi, Minggu (21/2/2021).

Setelah dilakukan survei di lapangan mengenai titik-titik yang akan dipasang kamera CCTV, lanjut Hotman akan dilakukan rapat koordinasi dari Ditlantas Polda Sumsel, Pemprov Sumsel dan juga instansi terkait.

Tim vendor yang bertugas melakukan pemasangan cctv dan juga perangkat lunak, akan memaparkan ke Pemprop dan juga instansi terkait mengenai pemasangan perangkat keras, software hingga cara kerja dari perangkat ini.

Baca juga: Pria Mengaku Menemukan Anak Korban Penculikan di Palembang Ternyata Penculiknya, Ini Kronologinya

"Kami bersama instansi terkait, sudah melakukan survei di titik-titik yang rencananya akan dipasang ETLE.

Nanti, lokasi-lokasi ini nantinya akan dibahas dalam rapat koordinasi dengan berbagai instansi terkait," katanya.

Guna suksesnya pemasangan dan juga terlaksananya sistem ETLE di wilayah Sumsel termasuk Palembang, Ditlantas Polda Sumsel sebagai pelaksana dalam program ini pastinya membutuhkan dukungan dari Pemprov, Pemkot, pemkab dan juga semua pihak terkait.

Adanya sistem ETLE ini, tidak hanya dapat menciptakan masyarakat yang tertib dalam berlalu lintas.

Tak hanya itu saja, sistem ETLE ini juga bertujuan untuk mengurangi kontak langsung antara anggota di lapangan dengan pelanggar.

Tak hanya itu saja, sistem ETLE yang menjadi program 100 hari kerja Kapolri ini juga secara otomatis akan membantu dalam peningkatkan Pendapatan Asli Daerah untuk pajak kendaraan bermotor.

Penulis: M. Ardiansyah
Editor: Yohanes Tri Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved