Breaking News:

Berita Palembang

Pelabuhan Laut Dalam Tanjung Carat Mulai Dibangun November Tahun Ini, Ditargekan Selesai 2023

Jika tidak ada halangan teknis lagi untuk November 2021 nanti, setelah selesai tender akan dilakukan ground breaking.

TRIBUN SUMSEL/LINDA TRISNAWATI
Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi bersama Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Hermab Deru meninjau bakal lokasi pembangunan Pelabuhan Laut Tanjung Carat, Sabtu (20/2/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi bersama Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru meninjau secara langsung pelabuhan laut dalam Tanjung Carat.

Usai melakukan kunjungan Budi Karya mengatakan tadi sudah meninjau ke Tanjung Carat. Ini rencana jangka panjang, tapi Presiden ingin ini dilaksanakan segera.

"Bahkan akan dilakukan ground breaking tahun ini dan diharapkan selesai di 2023," kata Budi Karya saat diwawancarai di Stasiun LRT Bumi Sriwijaya, Sabtu (20/2/2021).

Lebih lanjut ia mengatakan, oleh karenanya dirasa perlu untuk memastikan bahwa tempat itu layak. Apa dasar kelayakan seperti aksesnya, jarak antara pelabuhan tersebut dengan Pelabuhan Tanjung Api-api hanya 7 km.

Untuk pengerjaan proyek ini akan dilakukan investasi oleh pemerintah maupun swasta. Pelabuhan ini ditargetkan pembangunannya selesai 2023 dan dioperasionalkan di 2024.

"Kami melakukan pengamatan dan diperoleh pada kondisi yang baik dengan draft atau kedalam diatas 12 meter dan jarak 500 meter. Ini adalah salah satu fasilitas yang harus dibenahi, kemudian baru tanahnya," katanya.

Baca juga: Wali Kota Prana Putra Sohe Buka STQ V Tingkat Kota Lubuklinggau 2021

Baca juga: Warga Palembang Menolak Divaksin Akan Diberikan Sanksi, Ini Kata Pengamat Hukum

Menurutnya, bagaimanapun Pemerintah mengadakan proyek ini sebagai salah satu proyek. Setelah itu baru dilakukan tender untuk pembangunan sarana dan dermaga.

Sementara itu Herman Deru mengatakan, bahwa ia ikut mendampingi Menhub untuk memastikan titik pelabuhan yang selama ini direncanakan dan dirapatkan secara maraton. Sejak kunjungan presiden kemaren.

"Sampai Menhub meyakinkan bahwa ada titik paling ideal dengan kedalaman 12 meter di Tanjung Carat dan dari tepian pantai hanya 500 meter," katanya.

Menurut Deru, bahkan Menhub tadi memberikan contoh ada pernah keberhasilan dermaga serupa yang dimiliki pihak swasta dan bahkan lebih jauh untuk ke lautnya.

Artinya dengan tipikal tanah yang sama dan perairan yang sama, maka Sumsel layak dibangun pelabuhan segera.

"Jika tidak ada halangan teknis lagi untuk November 2021 nanti, setelah selesai tender akan dilakukan ground breaking," katanya.

Ikuti Kami di Google Klik

Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved