Breaking News:

Arti Barakallahu Fiik dan Jawabannya, Ini Cara Pengucapan Kalimat dan Contohnya

Arti Barakallahu Fiik dan Jawabannya, Ini Cara Pengucapan Kalimat dan Contohnya, Barakallahu Fiik merupakan kalimat yang mungkin sering diucap atau me

Tribunsumsel.com
Arti Barakallahu Fiik dan Jawabannya, Ini Cara Pengucapan Kalimat dan Contohnya 

TRIBUNSUMSEL.COM - Barakallahu Fiik merupakan kalimat yang mungkin sering diucap atau mendengar orang yang mendoakan.

Kalimat Barakallahu Fiik ini memiliki makna yang mendalam dan mengandung doa yang baik.

Namun, tak sedikit dari sebagian orang yang belum tahu arti Barakallahu Fiik.

Arti Barakallahu Fiik adalah “Semoga Allah SWT Memberikan Berkah Kepada Banyak Orang atau Kalian.” Pemaknaan ini berasal dari kata dasarnya, yakni Barakallahu Fiik dan -um dalam Fiik merupakan kata tambahan.

Baca juga: Arti Gelay Kosa Kata Populer yang Sedang Viral di Media Sosial, Berikut Contoh Penggunaannya

Baca juga: Arti Kata Insecure dalam Bahasa Gaul, Istilah Populer yang Lagi Viral di Media Sosial

Baca juga: Lirik dan Arti Lagu Heather Conan Gray Viral di TikTok, Walks By What a Sight For Sore Eyes

Kata tambahan yang membuat arti Barakallahu Fiikum lebih jelas tujuannya. Maksudnya adalah tujuan kepada siapa sebuah ucapan, doa, dan harapan baik itu hendak disemogakan.

Dikutip dari Tribunpekanbaru.com Bagi yang mendapat ucapan barakallahu fiik tentunya juga harus memberikan jawaban Baarakallahu fiik tersebut sesuai dengan ketentuannya.

Panduan penggunaan kalimat barakallahu fiik tersebut didasarkan pada hadis yang diriwayatkan oleh Iman An-Nasa’i atas perkataan Ummul Mukminin ‘Aisyah ra. yang berbunyi:

أُهْدِيَتْ لِرَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ شَاةٌ فَقَالَ : اقْسِمَيْهَا وَكَانَتْ عَائِشَةُ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا إِذَا رَجَعَتِ الْخَادِمُ تَقُوْلُ : مَا قَالُوْا ؟ تَقُوْلُ الْخَادِمُ قَالُوْا : بَارَكَ اللهُ فِيْكُمْ تَقُوْلُ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا : وَفِيْهِمْ بَارَكَ اللهُ نَرُدُّ عَلَيْهِمْ مِثْلَ مَا قَالُوْا وَيَبْقَى أَجْرُنَا لَنَا

Artinya:

“Aku menghadiahkan seekor domba kepada Rasulullah SAW. Lalu Beliau menyuruh, “Bagilah domba tersebut menjadi dua (satu bagian untuk disedekahkan)”. (Maka daging domba tersebut diantarkan oleh pembantu beliau,) Dan telah menjadi suatu kebiasaan bagi Aisyah RA apabila pembantunya telah pulang dari melakukan hal yang semisal itu, maka ia akan menanyakan, “Apa yang mereka katakan (setelah kita beri)?” Pelayanannya menjawab, “Baarakallaah Fiikum (بَارَكَ اللهُ فِيْكُم) (semoga Allah memberkahi kalian)”.

Halaman
1234
Penulis: Abu Hurairah
Editor: Abu Hurairah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved