Breaking News:

Bahaya Menahan kencing

Kamu Sering Menahan Kencing? Jangan Anggap Remeh, Bahaya Bro, Bisa Sebabkan Kematian!

Tahu gak kalau menahan kencing itu sangat berbahaya? So, jangan dianggap remeh ya.

Editor: Hanafijal
sumber: alodokter.com
Ilustrasi Menahan Kencing. 

TRIBUNSUMSEL.COM--KAMU pasti pernah merasakan ketika sedang bekerja, dalam perjalanan atau karena aktivitas tertentu, berusaha menahan kencing atau buang air kecil? Padahal sudah kebelet. Tahu gak kalau menahan kencing itu sangat berbahaya? So, jangan dianggap remeh ya.

Menahan kencing, memang bukan termasuk kondisi yang langsung mengancam jiwa, namun kebiasaan buruk itu bisa berdampak pada kesehatan.

Seperti diungkapkan Dokter spesialis obstetri dan ginekologi RS Airlangga Jombang dr Rizal Fitni, SpOG. Dia menjelaskan, menahan kencing dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kencing.

"Jika sering menahan buang air kecil (BAK) enggak baik, meningkatkan risiko infeksi saluran kencing," ujar Rizal seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (16/2/2021).

Baca juga: Ragu-Ragu Mau Berhenti Merokok Karena Sering Gagal? Gak Usah Khawatir, Coba Tips Ampuh Ini

Ada potensi penyakit lain dampak seseorang menahan kencing, antara lain inkontinesia urine, pembengkakan kandung kemih, nyeri punggung, dan risiko batu ginjal.

Menurut Rizal, inkontinensia urine adalah kondisi ketika seseorang sulit menahan buang air kecil, sehingga jadi mengompol. Akibatnya, seseorang menjadi kesulitan untuk mengontrol kandung kemih.

"Menahan kencing terlalu sering juga dapat menyebabkan otot kandung kemih melemah. Bagaimana tidak? Pada saat Anda berusaha untuk tidak buang air kecil, otot di kandung kemih akan mengencang," ucap Rizal.

Dia menjelaskan, jika terus-menerus dan menjadi kebiasaan, maka kekuatan otot kandung kemih mengendur dan tidak seelastis sebelumnya.
Nah, efek negatifnya, kandung kemih melemah dan orang tersebut berisiko mengalami inkontinensia urine atau sering mengalami kebocoran urine.

Rizal menganjurkan kepada masyarakat setidaknya buang air kecil setiap 3 jam sekali.

Tjahjo Kumolo Usul Libur Lebaran 2021 Diperpendek, Meminimalisasi Penyebaran Covid-19

Infeksi Saluran Kencing Meluas

Halaman
123
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved