Breaking News:

Apa Itu Catcalling, Bentuk Pelecehan yang Sering Terjadi Pada Perempuan, Ini Artinya

Istilah kata catcalling belakangan ini sering kali viral di media sosial. Lantas apa itu catcalling ? Mengapa istilah catcalling sering dibahas netize

tribunsumsel.com/khoiril
Apa Itu Catcalling, Bentuk Pelecehan yang Sering Terjadi Pada Perempuan, Ini Artinya 

TRIBUNSUMSEL.COM - Istilah kata catcalling belakangan ini sering kali viral di media sosial.

Biasanya diikuti dengan unggahan pengguna media sosial yang menjadi korban catcalling. Perempuan paling sering menjadi korban.

Lantas apa itu catcalling ?

Komisioner Komnas Perempuan Rainy Hutabarat menjelaskan, catcalling merupakan salah satu bentuk pelecehan seksual dalam bentuk kekerasan verbal atau kekerasan psikis.

"Terdapat nuansa seksual dalam ucapan, komentar, siulan, atau pujian, kadang-kadang disertai kedipan mata. Korban merasa dilecehkan, tak nyaman, terganggu, bahkan terteror," katanya dikutip dari Kompas.com

Pujian atau sapaan bernuansa seksual, selama ini dianggap biasa saja. Padahal, perilaku semacam ini merupakan salah satu bentuk pelecehan.

Baca juga: Apa Itu SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2021, Ini Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran

Catcalling merupakan bentuk pelecehan seksual di ruang publik, biasanya dilakukan di jalanan atau fasilitas umum lainnya.

Menurut Rainy, ada pengaruh relasi kuasa pada perilaku catcalling.

"Pelaku merasa berada pada posisi superior sehingga berhak melakukan sesukanya tanpa mempertimbangkan perasaan orang lain,"kata Rainy.

Pelakunya bisa siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan, sendiri atau beramai-ramai. Catcalling juga dapat dialami siapa saja tanpa pandang jenis kelamin. Akan tetapi, kata Rainy, korban terbanyak adalah perempuan.

Halaman
12
Editor: M. Syah Beni
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved