Breaking News:

Vaksin Corona

Pedagang di Pasar Siap-siap, Masuk Program Vaksin Covid-19 Tahap Kedua, Ini Mekanismenya

Program vaksinasi nasional untuk pelayanan publik dimulai 4 Februari 2021. Pada tahap ini, target pemberian vaksin yakni kepada pedagang pasar

TRIBUNSUMSEL.COM/EDISON
Petugas medis di Prabumulih menunjukkan vaksin sinovac di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prabumulih, Kamis (28/1/2021). Pada tahap kedua ini diberikan kepada pedagang di pasar. 

TRIBUNSUMSEL.COM, JAKARTA-Program vaksinasi nasional untuk pelayanan publik dimulai 4 Februari 2021. Pada tahap kedua ini, target pemberian vaksin yakni kepada pedagang pasar.

Pada tahap pertama, vaksin corona diberikan kepada tenaga kesehatan. Saat ini vaksinasi kepada tenaga kesehatan masih terus berlangsung.

Sementara untuk program vaksinasi untuk pelayanan publik ini akan dimulai oleh DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Kementerian kesehatan berencana menyasar para pedagang pasar dalam proses vaksinasi tahap dua.

Plt Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Maxi Rein Rondonuwu di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Rabu (3/2/2021) menjelaskan, ada petugas yang mendatangi langsung ke pasar-pasar untuk melakukan vaksinasi.

Raffi Ahmad Kembali Abses di Sidang, Kasus Menghadiri Pesta Tanpa Prokes Setelah Vaksin

Untuk itu, diperlukan koordinasi dan sosialisasi ke Dinas kesehatan di Provinsi Jabar dan DKI.

"Dalam waktu satu minggu ini saya akan sosialisasi pada teman-teman di Dinkes kesehatan untuk DKI dan Jawa Barat," katanya.

"Pertama ini untuk kita melakukan juga kegiatan-kegiatan vaksinasi mobile. Datang langsung jemput bola di sasaran-sasaran, terutama saudara-saudara kita rakyat kita yang ada di pedagang pasar saya kira," lanjutnya.

Pedagang menjadi pilihan pertama pemberian vaksinasi ini karena rentan penyebaran corona mengingat seringnya berinteraksi dengan masyarakat umum.

Selain itu, pasar juga merupakan salah satu penggerak roda perekonomian.

"Saya kira sasaran pasar ini harus mendapatkan perlindungan duluan karena salah satu penggerak ekonomi," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemenkes Bakal Sasar Pedagang untuk Vaksinasi Tahap 2, Ini Alasannya

Editor: Wawan Perdana
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved