Breaking News:

Tips dan Trik

Berapa Jarak Aman Berkendara Mobil di Jalan Tol dan Dalam Kota? Begini Cara Menghitungnya

Mengemudikan mobil bukan hanya butuh kosentrasi namun juga perhitungan menjaga jarak. Menjaga jarak aman sangat penting untuk meminimalisir risiko

Dok Polda Riau
Ilustrasi kecelakaan di Tol Dumai-Riau. Mengemudikan mobil bukan hanya butuh kosentrasi namun juga perhitungan menjaga jarak. Menjaga jarak sangat penting untuk meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan. 

TRIBUNSUMSEL.COM-Mengemudikan mobil bukan hanya butuh kosentrasi namun juga perhitungan menjaga jarak. Menjaga jarak aman sangat penting untuk meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan.

Tentu berbeda jarak berkendara di jalan tol dan jalan dalam kota. Perbedaan itu terjadi karena adanya perbedaan kecepatan kendaraan.

Tabel jarak aman

Mengutip penjelasan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), ada dua jenis menjaga jarak antar kendaraan.

Pertama, yaitu jarak minimal atau jarak terdekat, dan kedua yaitu jarak aman.

"Jarak minimal jarak terdekat masing-masing kendaraan. Jarak aman yakni rentang paling aman yang bisa memberi kita kesempatan untuk mengantisipasi keberadaan kendaraan lain sehingga terhindar dari benturan mendadak," tulis Kemenhub beberapa waktu lalu.

Ukuran ideal kedua jarak tersebut tergantung dari kecepatan kendaraan.

Misal, jika melaju 50 kpj maka jarak minimal dengan kendaraan lain, yakni 25 meter, sedangkan jarak amannya 50 meter.

"Sederhananya, jarak minimal merupakan setengah dari angka kecepatan. Sedangkan jarak aman adalah dua pertiga dari angka kecepatan," tulis Kemenhub.

Training Director Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, menghitung jarak aman menggunakan hitungan meter agak sulit dilakukan, cara mudah ialah memakai prinsip tiga detik.

Halaman
123
Editor: Wawan Perdana
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved