Breaking News:

Penanganan Corona

Kasus Covid-19 Sumsel Terus Bertambah, Puskesmas Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Gejala Ringan

Orang yang dinyatakan positif Covid-19 pun tidak harus menjalani perawatan di rumah sakit kalau termasuk dalam gejala ringan

Editor: Wawan Perdana
SRIPO/JATI PURWANTI
Gubernur Sumsel Herman Deru 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Kasus Covid-19 di Provinsi Sumatra Selatan masih terus mengalami penambahan.

Berdasarkan data terbaru, pada 27 Desember 2020 terdapat tambahan 95 kasus baru sehingga total ada 11.462 kasus positif.

Orang yang dinyatakan positif Covid-19 pun tidak harus menjalani perawatan di rumah sakit kalau termasuk dalam gejala ringan.

Kendati demikian, tidak sedikit pula orang yang terinfeksi Covid-19 dapat menjalani isolasi mandiri di rumah dengan optimal.

Ahli Epidemiologi Universitas Sriwijaya, Prof Yuwono, mengatakan, fasilitas kesehatan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) semestinya digunakan dengan maksimal sebagai tempat isolasi untuk pasien dengan gejala ringan.

"Aktifkan puskesmas. Harus siap karena itu tugas puskesmas. Rumah sakit terbatas kapasitasnya. Untuk gejala sedang bisa ke RS swasta," katanya, Minggu (27/12/2020).

Dia menambahkan, saat ini telah banyak puskesmas yang memiliki fasilitas rawat inap sehingga dapat menampung masyarakat yang kesulitan menjalankan isolasi mandiri di rumah.

Baca juga: Virus Corona Varian Baru, Bertambah Daya Tular tapi Tidak Daya Bahayanya

"Puskesmas sebagai tempat isolasi mandiri. Jangan hanya menginfokan tapi silakan pakai puskesmas," tambah Yuwono.

Menurut dia, jika hanya menunggu pemerintah provinsi menyediakan tempat isolasi khusus hal tersebut akan memakan waktu yang cukup lama.

"Masukan yang paling bagus jangan ke Pemprov kalau saya lihat. Kalau misalnya pemprov panjang prosedurnya karena Wisma Atlet Jakabaring ada pengelola khusus, Kemenpora," ujar dia.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved