Breaking News:

Berita Palembang

Ada 4 Pojok Pasar di Palembang, Tempat Pemeriksaan Keamanan Makanan Gratis

pojok pasar melayani pemeriksaan bahan makanan secara gratis bagi konsumen yang berbelanja di pasar tradisional

Tribun Sumsel/ Sri Hidayatun
Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda meresmikan secara langsung pojok pasar yang ada di Pasar Palima Palembang, Senin (9/11/2020). 

TRIBUNSUMSEL.COM.PALEMBANG– Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang bersama Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) menyediakan bucu (pojok) pemeriksaan bahan makanan secara gratis bagi konsumen yang berbelanja di pasar tradisional.

Hal ini dilakukan guna menjamin keamanan bahan pangan yang tersedia di pasar tradisional bebas dari zat berbahaya formalin dan borak bagi konsumen.

Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda meresmikan secara langsung pojok pasar yang ada di Pasar Palima Palembang, Senin (9/11/2020).

Ia mengatakan, pojok pasar tersebut akan dipungsikan untuk melakukan pengecekan setiap bahan belanjaan konsumen, sebelum dibawah pulang kerumah untuk diolah menjadi makanan.

“Kita ingin berikan rasa keamanan dan kenyamanan berbelanja di pasar tradisional, pojok pasar ini gratis bagi seluruh konsumem untuk mengecek barang belanjaannya, mengandung bahan bahaya atau tidak,” kata Fitri.

Pojok pasar ini, kata Fitri akan ditempatkan petugas dari BBPOM Palembang dibantu petugas PD Pasar Palembang, saat ini kelengkapan alat untuk melakukan pemeriksaan cukup memadai.

“Pojok pasar ini sudah disediakan di empat pasar tradisional, yakni, Pasar Palimo, Lemabang, Bukit Kecil dan Pasar 9-10 ulu,” ungkap Fitri.

Fitri kembali menegaskan, pemeriksaan bahan makanan di pojok pasar ini diberikan secara cuma cuma.

"Saya juga berharap melalui sosialisasi ini semua pedagang bisa memiliki kesadaran agar bisa bersedia melakukan pemeriksaan prodak makanan mereka sepanjang jam oprasional pasar masih buka,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Kepala BBPOM Yosef Dwi Irwan S.Si, Apt menambahkan jika keseriusan Pemkot Palembang dalam mengawasi bahan makanan benar-benar dilakukan karena menyangkut masalah kesehatan orang banyak.

"Maka dari itu kami akan memberikan pembelajaran sendiri bagi petugas khususnya dari PD Pasar agar bisa menguasai sistem pengecekan bahan makanan tersebut,” katanya.

Ia mengaku dalam peresmian Pojok Pasar yang telah disiapkan oleh BPPOM ini sifatnya masih sukarela.

"Kami harapannya semua prodak pangan yang masuk bisa dikawal disini, kami juga akan melatih petugas pasar sendiri nantinya," tutupnya.

Penulis: Sri Hidayatun
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved