Breaking News:

Berita Palembang

Alur Pencoblosan Pilkada Aman di TPS Saat Pandemi Covid-19

Jajarannya sudah membuat simulasi pemungutan dan penghitungan suara dengan penerapan kesehatan protokol sangat penting.

TRIBUN SUMSEL/ARIEF BASUKI ROHEKAN
Suasana simulasi pencoblosan aman di TPS. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Jelang pemungutan atau pencoblosan suara di Pilkada 2020 pada 9 Desember mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyiapkan alur pencoblosan secara aman dan sehat di tengah pandemi Covid-19 di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

KPU sendiri menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat bagi pemilih yang akan menggunakan hak pilihnya nanti di TPS, termasuk petugas KPPS, saksi- saksi dan keamanan yang ada.

Menurut Ketua KPU Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kelly Mariana, jajarannya sudah membuat simulasi pemungutan dan penghitungan suara dengan penerapan kesehatan protokol sangat penting.

Mengingat saat ini pencoblosan yang sebenarnya pada 9 Desember 2020, penerapan protokol kesehatan akan menjadi hal yang menjadi prioritas, dalam upaya mencegah penularan virus Corona.

Diterangkan Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana, adanya simulasi itu akan menjadi tutorial ideal pelaksanaan pemungutan suara di TPS yang mengacu pada protokol kesehatan.

Tempat Pemungutan Suara (TPS) sehat adalah TPS yang memperhatikan protokol kesehatan, setiap pemilih diberikan jarak duduk minimal 1 meter dan ada tempat cuci tangan, termo gun, hand sanitizer, dan sarung tangan plastik bagi pemilih.

Sedangkan petugas akan diberikan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker medis, face shield, sarung tangan dan hand sanitizer.

"Mari, masyarakat di 7 Kabupaten se-Sumsel yang melaksanakan Pilkada serentak 2020, jangan khawatir datang ke TPS pada 9 Desember mendatang. Karena semua pelaksanaan pencoblosan di TPS, diterapkan protokol kesehatan, yamg aman dan sehat dimasa pandemi.

Ayo gunakan hak pilih anda, Pilkada sehat kita selamat," kata Kelly.

Komisioner KPU RI Dewa Kade Warsa Raka Sandi berharap adanya TPS sehat dan aman, menjadikan masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya antusias datang ke TPS.

Halaman
123
Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved