Breaking News:

Operasi Zebra Musi 2020

Ini Lokasi Patroli Hunting Operasi Zebra Polres Lubuklinggau

Kasatlantas Polres Lubuklinggau, AKP Budi Harto menyampaikan, lima pelanggar tersebut dilakukan tilang di Kawasan Tertib Lalulintas (KTL)

TRIBUNSUMSEL.COM/EKO HEPRONIS
Kasat Lantas Polres Lubuklinggau AKP Budi Harto 

TRIBUNSUMSEL.COM, LUBUKLINGGAU - Hari pertama pelaksanaan Operasi Zebra 2020 di Kota Lubuklinggau, polisi telah menilang lima pengendara yang melanggar lalulintas dan kebanyakan pelanggar melawan arus.

Kasatlantas Polres Lubuklinggau, AKP Budi Harto menyampaikan, lima pelanggar tersebut dilakukan tilang di Kawasan Tertib Lalulintas (KTL) karena melanggar arus dan tidak pakai helm.

"Targetnya karena memang hanya untuk menekan angka korban lalulintas di tengah pandemi Covid-19, jadi sifatnya lebih kepada pencegahan saja," ungkapnya pada wartawan, Selasa (27/10/2020).

Namun, meski tidak menerapkan pola razia rutin, Satlantas Polres Lubuklinggau menerapkan pola hunting dengan sistem patroli, khususnya menjaring para pelanggar di KTL dari simpang RCA hingga Masjid Agung.

"40 persen preventif dan 60 persen progresif terutama saat mereka melintas di kawasan KTL, mulai dari melawan arus, over kapasitas hingga menggunakan Hp saat berkendara," ujarnya.

Budi pun meminta kepada masyarakat Kota Lubuklinggau, untuk tertib berlalulintas, sebab, pelaksanaan Operasi Zebra ini telah dilaksanakan dimulai sejak Senin (26/10) kemarin sampai 8 November 2020.

Budi pun mengklaim selama pandemi Covid -19 berdasarkan data triwulan ke tiga tahun 2020, angka kecelakaan lalulintas yang menyebabkan meninggal dunia mengalami penurunan.

"Hasilnya turun bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, terutama khusus kendaraan bermotor. Terakhir kecelakaan meninggal dunia dua pengendara motor di wilayah Siring Agung beberapa waktu lalu," ungkapnya.

Untuk itu, Budi mengimbau kepada masyarakat apabila keluar rumah berkendara untuk selalu menggunakan helm, membawa surat-surat kendaraan dan selalu menggunakan masker.

"Karena apabila tidak terjaring razia, saat tidak menggunakan masker pasti akan terjaring operasi yustisi," ujarnya.

Penulis: Eko Hepronis
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved