Breaking News:

Berita Palembang

Tahun Depan Pemkot Palembang Siapkan Rp24 Miliar Dana Pembebasan Lahan Fly Over Simpang Sekip

Pemkot Palembang tahun depan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 24 miliar untuk pembebasan lahan pembangunan Fly Over Simpang Simpang Sekip Ujung

Sripo/ Rahmaliyah
Walikota Palembang, Harnojoyo secara simbolis melakukan pembongkaran di area Kantor Kecamatan Kemuning, Rabu (5/8/2020). Kantor camat ini terkena proyek Fly Over Simpang Sekip. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Pemkot Palembang tahun depan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 24 miliar untuk pembebasan lahan pembangunan Fly Over Simpang Simpang Sekip Ujung.

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, pembangunan FO Simpang Sekip masuk dalam proyek strategis nasional yang bagi Pemkot Palembang tak boleh tertunda.

Keberadaan FO sangat di butuhkan untuk mengurai kemacetan dikawasan itu.

"Anggarannya sudah kita siapkan di APBD Induk TA 2021. Bahkan bukti komitmen, kita telah membongkar kantor Kecamatan Kemuning yang juga termasuk dalam bagian dari pembebasan lahan FO Simpang Sekip," katanya, Rabu (23/9/2020).

Seperti diketahui, pendanaan yang dibutuhkan untuk pembebasan lahan lebih dari 6.000 meter persegi itu menggunakan skema pendanaan sharing/pembagian antara Pemprov Sumsel dan Pemkot Palembang.

"Ini disesuaikan dengan kesiapan anggaran kita. Namun, untuk pembangunan fisik sepenuhnya menggunakan APBN melalui BBPJN Wilayah V. Sementara sisanya dibantu oleh Gubernur melalui APBD Provinsi," jelasnya.

Dijelaskan Harno, Pada tahun 2021 Gubernur Sumsel mendukung pembangunan infrastruktur yang akan ada di Kota Palembang.

"Beliau siap bantu," katanya

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Palembang, Harrey Hadi mengatakan, pembangunan FO Simpang Sekip masuk dalam 9 program strategis yang dicanangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) perubahan tahun 2018-2023.

"Ini sudah final dan akan segera diajukan ke Banleg DPRD Kota Palembang di tahun 2021. Mayoritas pembangunan infrastruktur di Palembang menggunakan sistem sharing dana. Hanya mengandalkan APBD saja tak mungkin cukup," jelasnya. (SP/ Rahmaliyah)

Editor: Wawan Perdana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved