Breaking News:

Harus Punya Alasan yang Jelas, Berikut Syarat Mengajukan Cerai ke Pengadilan Agama

Perceraian merupakan berakhirnya hubungan suami dan istri. Baik dari pihak suami maupun istri dapat mengajukan gugatan perceraian ke pengadilan.

TRIBUN SUMSEL/WINANDO DAVINCHI
PENGADILAN AGAMA - Ruang pendaftaran Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Pengadilan Agama kelas IB Kayuagung, Rabu (16/9/2020). 

TRIBUNSUMSEL, KAYUAGUNG - Perceraian merupakan hal yang sangat sering terjadi tak hanya di kalangan selebritas, tetapi juga terjadi di masyarakat umum.

Perceraian merupakan berakhirnya hubungan sebagai suami dan istri. Baik dari pihak suami maupun istri dapat mengajukan gugatan perceraian ke pengadilan.

Bagi pasangan yang beragama Islam, gugatan dapat dilayangkan ke Pengadilan Agama sedangkan bagi pasangan non-muslin gugatan dapat didaftarkan di Pengadilan Negeri.

Proses perceraian dapat memakan waktu yang singkat maupun cukup lama. Kebanyakan pasangan memilih menggunakan jasa advokat untuk mengurus segala urusan dan persyaratan perceraian, tetapi masih banyak juga pasangan suami istri yang mengurus perceraiannya sendiri.

Berikut cara mengajukan gugatan cerai dan daftar dokumen-dokumen yang perlu dipersiapkan agar mempercepat proses perceraian.

Sistem perceraian ini kan ada dua istilah, yakni cerai melalui talak dan cerai gugat.

"Cerai talak yaitu cerai yang diajukan melalui pihak suami, sedangkan cerai gugat adalah yang diajukan pihak istri," kata Alimuddin Humas Pengadilan Agama kelas IB Kayuagung, Rabu (16/9/2020) siang.

Lebih lanjut disampaikan, persyaratan dibagi menjadi dua aspek yang dilihat pertama dari segi wilayah hukum, dan segi aspek formal.

"Kalau aspek wilayah hukum, kalau yang diajukan cerai talak maka syarat yang diajukan harus di tempat istri berdomisili,"

"Misalnya istri tinggal di Kota Palembang walaupun suami berada di Kayuagung, maka pengajuan cerai harus di Pengadilan Agama Palembang," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Winando Davinchi
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved