Breaking News:

Pilkada Serentak 2020

Pilkada Ogan Ilir 2020, akan Ada Sosok Berpengaruh di Pertarungan AW Noviadi dan Ilyas Panji Alam

Menurutnya, dalam pertarungan Pilkada OI antara AW Noviadi alias Ovi dengan Ilyas Panji Alam, akan ada sosok- sosok pengaruh dibalik kandidat yang ada

Penulis: Arief Basuki Rohekan | Editor: Weni Wahyuny
TRIBUNSUMSEL.COM/ARIEF BASUKI ROHEKAN
Dialog interaktif Palembang Insight di SmartFm bersama redaktur Tribun Sumsel Erwanto dengan tema "Adu mantan di Pilkada OI, apakah terwujud?". 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG,--Pengamat politik Sumsel Bagindo Togar mengungkapkan, bakal calon Bupati yang bertarung di Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Ogan Ilir (OI), jelas akan mencari wakil yang benar- benar pengaruh dan bukan hanya sekedar pelengkap saja.

Hal tersebut diungkapkan Bagindo disela- sela Dialog interaktif Palembang Insight di SmartFm bersama redaktur Tribun Sumsel Erwanto dengan tema "Adu mantan di Pilkada OI, apakah terwujud?".

"Kita tahu balon wakil AW Noviadi yaitu Ardani, yang berasal dari daerah Tanjung Batu di mana selama ini diasumsikan daerah itu dianggap lemah, dan Ardani memiliki pengalaman di birokraai cukup baik. Sedangkan Ilyas akan mencari wakilnya, disamping sosok yang kuat dibasis suara, juga masalah dukungan parpol. Karena hampir pasti dukungan dari PDIP, kita tidak tahu apakah Golkar akan merapat meski pendaftaran masih panjang 4 September mendatang," kata Bagindo.

Di Hadapan Kekasih, Pemuda di Palembang Dikeroyok Ayah dan Kakak Pacar : Dia hanya Diam

Menurutnya, dalam pertarungan Pilkada OI antara AW Noviadi alias Ovi dengan Ilyas Panji Alam, akan ada sosok- sosok pengaruh dibalik kandidat yang ada.

"Seperti Ovi di belakangnya pasti ada Wagub Sumsel Mawardi Yahya yang notabanenya orang tua Ovi. Tapi kalau ditanya seberapa besar pengaruh mereka di Pilkada OI? Yang jelas Mawardi pernah menjabat Bupati dan klan- klan keluarga dan binaan masih kuat, termasuk parpol dukungan ke ovi luar biasa. Sedangkan untuk Ilyas ada PDIP dan basis daerahnya, jadi akan jelas ini pertarungan yang nanti akan mempengaruhi hasil kedepan," capnya.

Ditambahkan Bagindo, untuk peta kekuatan sendiri, dari 16 Kecamatan yang ada di OI, jelas masing- masing kandidat pasti banyak daerah pendukungnya masing- masing.

"Seperti kota Inderalaya dan pemulutah merupakan basis Mawardi, termasuk strategi menggandeng Ardani untuk lumbung suara di daerah yang selama ini susah diraih yaitu tanjung batu sehingga bersinergi. Tetapi yang jelas semua kandidat ada masing- masing basis suara," tuturnya.

Disinggung apakah hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 lalu akan ada pengaruh di Pilkada OI 2020, hal itu akan berbeda.

Mengingat Pilkada yang paling berpengaruh adalah sosok yang bertarung.

"Jadi hasil Pileg tidak bisa dijadikan patokan untuk Pilkada karena beda. Pilkada paslonnya dua, sedangkan Pileg basis dilihat dari sosok calon dan partai," tuturnya," beber Bagindo.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved