Corona di Palembang

Jenazah Pasien Covid-19 di Palembang Tak Harus Dimakamkan di Gandus Hill, Bisa di TPU Lain, Asal

Juru bicara Tim Gugus Tugas Penangguhan Covid-19 Sumsel, dr. Zen Ahmad menerangkan, korban meninggal karena Covid-19 dimakamkan di tempat pemakaman kh

TRIBUNSUMSEL.COM/YOHANES TRI NUGROHO
pemakaman di TPU Gandus Hill 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Tempat pemakaman khusus korban Covid-19 di Gandus Hill, Gandus, Palembang menjadi buah bibir masyarakat kota Palembang karena lokasi tersebut dianggap mengerikan.

Sebagian masyarakat kota Palembang menganggap lokasi tersebut merupakan tempat pemakaman orang yang meninggal di rumah sakit.

Sejatinya, lokasi pemakaman tersebut diperuntukkan bagi korban Covid-19 di Palembang.

Juru bicara Tim Gugus Tugas Penangguhan Covid-19 Sumsel, dr. Zen Ahmad menerangkan, korban meninggal karena Covid-19 dimakamkan di tempat pemakaman khusus di Gandus, dengan protokol Covid-19.

"Jadi pemerintah, Pemkot Palembang menyiapkan lokasi tersebut untuk jenazah Covid-19," kata Zen saat berbicara pada Live Talk Sumsel Virtual Fest 2020 di channel YouTube Tribun Sumsel dan SripokuTV, Rabu (3/6/2020).

Namun, lanjut Zen, masyarakat harus mengetahui protokol pencegahan penularan Covid-19 saat memakamkan jenazah Covid-19.

Menurutnya, jenazah Covid-19 yang dimakamkan seperti pada umumnya, dikhawatirkan akan menular ke orang-orang sekitar atau yang melayat.

"Orang yang baru meninggal karena Covid-19, ketika misalnya keluarga memegang, mencium jenazah tersebut, dikhawatirkan tertular. Makanya harus diurus dan dimakamkan sesuai protokol Covid-19," jelas Zen.

"Kalau orang meninggal tersebut yang mengurusnya tim medis, kan semua pakai APD, face shield mask, kacamata, semua lengkap. Jadi kita mencegah potensi penularan itu," jelas Zen.

Namun untuk urusan lokasi pemakaman, lanjut Zen, jenazah Covid-19 sebenarnya tak harus dimakamkan di tempat pemakaman khusus.

Halaman
1234
Penulis: Agung Dwipayana
Editor: Weni Wahyuny
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved