Corona di Palembang

Rekor Tertinggi, 5 Jenazah Dikebumikan dengan Protap Covid-19 di TPU Gandus Hills Palembang

Herman menyampaikan pengalamannya menjadi petugas pemakaman khusus Covid- 19, Ia mengaku kerap ditelpon orang tengah malam saat ada jenazah yang henda

TRIBUNSUMSEL.COM/YOHANES TRI NUGROHO
Suasana TPU Gandus Hills, Sabtu (23/5/2020) 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG- Dalam kurun waktu dua bulan terakhir, pemakaman khusus Covid- 19 yang berada di kompleks Tempat Pemakaman Umum (TPU) Gandus Hills sudah memakamkan puluhan jenazah.

TPU yang berada di Jalan Sungai Lacak, Kelurahan Pulokerto, Kecamatan Gandus, Kota Palembang hingga Jumat (22/05) telah memakamkan sebanyak 62 jenazah yang berasal sejumlah rumah sakit di Palembang.

"Hingga jumat (22/05) kemarin total ada 62 jenazah yang sudah kami kebumikan, proses pemakaman dilakukan sesuai protokol Covid- 19," ungkap Petugas Pemakaman Gandus Hill, Herman.

Warga Kaget Banyak Makam Terangkat di TPU Kamboja, 5 Pohon Tumbang Akibat Hujan dan Angin Kencang

Herman menyampaikan pengalamannya menjadi petugas pemakaman khusus Covid- 19, Ia mengaku kerap ditelpon orang tengah malam saat ada jenazah yang hendak dimakamkan.

Nisan jenazah yang dimakamkan di TPU Gandus Hills
Nisan jenazah yang dimakamkan di TPU Gandus Hills (TRIBUNSUMSEL.COM/YOHANES TRI NUGROHO)

Tak kenal waktu, Herman pun langsung menghubungi rekannya untuk mempersiapkan makam untuk jenazah yang akan segera diantar ke pemakaman ini.

"Ada empat orang penggali kubur termasuk saya, jika sudah ada yang menelpon malam- malam itu pasti ada jenazah masuk, kami langsung menggali, kadang baru selesai jam 1 malam " katanya

Hujan Deras dan Angin Ribut Hancurkan Satu Rumah di Desa Pematang Bangsal OI: Datang Seperti Ombak

Herman mengaku untuk menggali liang lahat berukuran 90 x 210 sentimeter dengan dua orang penggali setidaknya membutuhkan waktu hingga tiga jam.

Sementara, proses pemakaman dilakukan oleh petugas yang datang mengantar jenazah, mereka menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap.

"Kadang saya juga ikut memakamkan jika tidak banyak orang, apalagi malam hari. Biasanya tak banyak yang ikut. Saya juga sudah punya APD lengkap, jadi siap membantu agar lebih cepat," katanya

BMKG : Sumatera Selatan (Sumsel) Waspada Cuaca Ekstrem saat Lebaran 24-25 Mei, Wilayah Lain ?

Jumlah Pemakaman Tertinggi

Halaman
123
Penulis: Yohanes Tri Nugroho
Editor: Weni Wahyuny
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved