Berita Muratara

Catat dan Ingat, Pemkab Janji Bantu Dana Untuk Ribuan Mahasiswa Asal Muratara

Mahasiswa asal Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) bakal mendapat bantuan dana dampak pandemi virus corona atau Covid-19 dari pemerintah kabupaten

Tribun Sumsel / Rahmat Aizullah
Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Muratara, Susyanto Tunut. 

TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA - Mahasiswa asal Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) bakal mendapat bantuan dana dampak pandemi virus corona atau Covid-19 dari pemerintah kabupaten setempat.

Bantuan tersebut akan diberikan kepada mahasiswa asal Kabupaten Muratara yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Muratara, Sukamto menyampaikan, saat ini sudah 1.200 berkas mahasiswa yang telah terdata untuk mendapat bantuan.

"Data yang sudah diinput sekitar 1.200 berkas, yang belum terinput masih banyak," kata Sukamto kepada wartawan, Jumat (15/5).

Data tersebut kata Sukamto akan diserahkannya kepada tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Muratara untuk diverifikasi kembali.

Dia menjelaskan, proses pemberian bantuan melalui beberapa tahapan mulai dari pendataan, verifikasi di Dinas Pendidikan, lalu ke gugus tugas untuk diverifikasi ulang.

"Kami hanya bertugas mendata awal dan menyalurkan saja, untuk verifikasi dan teknisnya itu kewenangan gugus tugas," jelasnya.

Sukamto menyebutkan, sebanyak 1.200 berkas yang sudah terdata itu merupakan data mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi di sejumlah daerah di Indonesia.

"Macam-macam, ada dari kabupaten kota tetangga, ada dari Pulau Sumatera, Pulau Jawa, kita tampung semua," katanya.

Juru bicara gugus tugas khusus Covid-19 Kabupaten Muratara, Susyanto Tunut mengatakan, bantuan akan diberikan kepada mahasiswa yang memenuhi persyaratan.

Namun saat ini pihaknya belum bisa memberikan keterangan lebih rinci terkait sasaran, besaran, dan mekanisme dari pemberian bantuan tersebut.

Gugus tugas masih akan mempertimbangkan dan melakukan rapat terkait rencana pemberian bantuan itu agar tidak terjadi kesalahpahaman di masyarakat.

"Terkait sasaran, besaran, dan mekanismenya, kami akan rapatkan lagi, karena banyak masukan dari berbagai pihak, kita tidak ingin karena bantuan ini jadi ribut," kata Susyanto.

Dia menegaskan, syarat untuk mendapatkan bantuan itu akan diusahakan sesederhana mungkin, tapi tepat sasaran dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Kita usahakan tepat sasaran, makanya datanya akan kita verifikasi lagi. Karena anggaran kita terbatas, jadi kita pilih mahasiswa yang memenuhi persyaratan," katanya.

Penulis: Rahmat Aizullah
Editor: Siemen Martin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved