Berita Palembang

Puluhan Petugas Basarnas Palembang Jalani Rapid Test

Bertempat di gedung utama Kantor Basarnas Palembang, para pegawai SAR dilakukan rapid test secara tertib dengan tetap menjaga jarak

Tribun Sumsel/ Agung Dwipayana
Dalam upaya pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 di lingkungan kantor Basarnas Palembang, puluhan petugas SAR dilakukan rapid test, Kamis (14/5/2020). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Dalam upaya pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 di lingkungan kantor Basarnas Palembang, puluhan petugas SAR dilakukan rapid test.

"Ini merupakan pemeriksaan rapid test berkala kepada seluruh pegawai Basarnas Palembang," kata Kepala Kantor Basarnas Palembang Hery Marantika, Kamis (14/5/2020).

Bertempat di gedung utama Kantor Basarnas Palembang, para pegawai SAR dilakukan rapid test secara tertib dengan tetap menjaga jarak.

Hery mengatakan, rapid test ini dilakukan demi menjaga kesehatan para pegawai dan memastikan agar kantor Basarnas Palembang terbebas dari penularan virus Covid-19.

"Yang diutamakan test-nya yakni personil rescuer dan beberapa dari staf umum berjumlah 40 orang dan hasilnya alhamdulillah negatif," terang Hery.

Dilanjutkannya selama pandemi Covid-19, Basarnas Palembang tetap memberikan pelayanan SAR kepada masyarakat dan pastinya berkontak langsung selama berada di lapangan.

"Atas dasar tersebut, yang saya takutkan dengannya banyak warga berkumpul pada saat pelaksanaan operasi SAR di lapangan belakangan ini dan kontak langsung, maka sangat dikhawatirkan dapat menularkan virus Covid-19," ujarnya.

"Sehingga Basarnas menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam penanganan operasi SAR saat ini, menerapkan rapid test terjadwal apabila selesai melaksanakan Operasi SAR di lapangan," imbuhnya.

Apalagi saat ini, lanjut Hery, kota Palembang telah ditetapkan zona merah dan akan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) setelah hari raya Idul Fitri nanti, sehingga upaya penanggulangan Covid-19 harus semakin diintensifkan.

"Karena kita harus menaati protokol pencegahan Covid-19, serta ikut menerapkan berbagai upaya seperti rapid test demi kebaikan bersama," tutur Hery.

Penulis: Agung Dwipayana
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved