Breaking News:

Seputar Islam

Orang yang Diperbolehkan Membayar Fidyah, Bagaimana Cara dan Siapa yang Berhak Mendapat Fidyah

Allah Ta’ala mewajibkan berpuasa kepada semua kaum muslimin di bulan Ramadhan dan dikerjakan secara langsung. Namun bagi mereka yang ada udzur sepert

TRIBUNSUMSEL/ MELISA
Orang yang Diperbolehkan Membayar Fidyah, Bagaimana Cara dan Siapa yang Berhak Mendapat FidyahPengumpulan zakat di Masjid Agung Palembang 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Orang yang Diperbolehkan Membayar Fidyah, Bagaimana Cara dan Siapa yang Berhak Mendapat Fidyah.

Allah Ta’ala mewajibkan berpuasa kepada semua kaum muslimin di bulan Ramadhan dan dikerjakan secara langsung.

Namun bagi mereka yang ada udzur seperti sakit dan safar ataupun dengan qadha’ bagi yang tidak sanggup menjalankannya.

Bagi mereka yang memiliki udzur dan ada kemungkinan udzurnya hilang sesudah Ramadhan, maka puasa dikerjakan dengan cara qadha’.

Tapi, bagi kaum muslimin yang sudah tidak mampu lagi berpuasa seperti orang tua renta dan orang sakit yang tak ada harapan sembuh, Allah memberikan keringanan kepada mereka dengan memberi makan orang miskin sebagai ganti puasanya, yang disebut fidyah.

Doa dan Niat Zakat Fitrah Untuk Ibu, Ayah, Diri Sendiri Dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Ini didasarkan kepada firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala:

وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ

“Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin.” (QS. Al-Baqarah: 184)

Namun ada permasalahan yang dirasakan kaum muslim yang berhalangan puasa pada bulan Ramadhan, yaitu bagaimana takaran dalam membayar fidyah.

Ada yang mengatakan boleh dibayar sesuai harga nominal makan kita untuk satu porsi dikalikan jumlah puasa yang harus diganti, ada pula yang menyarankan dengan memberi makan orang miskin sebanyak 1 mud (1,25 kilogram cerealia, seperti gandum, beras dan lainnya).

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved