Breaking News:

Update Corona di Sumsel

Pandemi Covid-19 Berakhir Jika Yang Meninggal Menurun Dalam Dua Minggu

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Sumatera Selatan Prof. Dr. dr. Yuwono, M. Biomed bahwa

Penulis: Linda Trisnawati | Editor: Prawira Maulana
Tribun Sumsel/ Linda Trisnawati
Juru bicara penanganan Covid-19 Sumsel, Prof Yuwono 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Linda Trisnawati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG -Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Sumatera Selatan Prof. Dr. dr. Yuwono, M. Biomed bahwa Covid-19 ini akan berakhir jika yang meninggal semakin menurun.

"Jadi yang harus dilihat pandemi ini akan berakhir jika yang meninggal semakin menurun sampai dua Minggu, itu baru berakhir," kata Prof Yuwono saat Live Talk di Sumsel Viritual Fest 2020 yang diadakan Tribun Sumsel dan Sriwijaya Post, Jumat (24/4/2020).

Ia pun mencontohkan, seperti pada tanggal 19 April terlihat tinggi yang meninggal di angka 46 orang. Lalu beberapa hari ini mulai menurun, maka diharapkan akan semakin menurun hingga dua Minggu kedepan, sehingga bisa berakhir.

"Seperti Italia tertinggi satu hari hampir 1000 dan sekarang sudah tinggal ratusan. Ini trend nya juga sudah mulai menurun. Beda halnya dengan Amerika yang masih terus naik," jelasnya.

Sementara itu untuk di Sumsel, bisa saja berakhir kalau kondisinya ideal. Namun beberapa hari lalu ada masuk dalam jumlah besar, sehingga menambah yang positif Covid-19.

Maka yang pelu dijaga jangan sampai ada penambahan kelompok yang masuk membawa Penyakit itu.

Seperti di Cina awal Januari, kemudian 19 Februari akselerasi dan Maret puncaknya, sehingga awal April mereka sudah membuka daerahnya

"Jadi intinya sekarang ini memang kita sedang naik tapi mulai turun. Pandemi ini akan berakhir berdasarkan empat komponen, kalau diselesaikan oleh perilaku masyarakat dan pemimpin dengan jumlah 50 persen, lalu sanitasi 20 persen, seperti disemprot disefektan. Kemudian 20 persen lagi imunitas bawaan dan 10 persennya peran rumah sakit," ungkapnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved