Antisipasi Virus Corona

Imbauan MUI Palembang: Untuk Sementara Tidak Salat Jumat di Masjid

Pemerintah kota Palembang telah mengeluarkan imbauan agar masyarakat untuk sementara tidak melaksanakan salat Jumat di masjid.

IST
Seruan bersama Pemkot Palembang dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palembang serta DPD Dewan Masjid Indonesia Kota Palembang tentang penyelenggaraan Salat Jumat. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Pemerintah kota Palembang telah mengeluarkan imbauan agar masyarakat untuk sementara tidak melaksanakan salat Jumat di masjid.

Imbauan ini mulai berlaku sejak Jumat (26/3/2020) melalui seruan bersama dari Pemerintah Kota Palembang, Dewan Masjid Indonesia (DMI) wilayah Palembang dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Palembang.

Ketua MUI Kota Palembang, Drs HM Saim Marhadan mengatakan, imbauan ini akan berlaku hingga 14 hari kedepan.

Namun tidak menutup kemungkinan akan diperpanjang bila kondisi dan situasi dirasa masih belum aman dari penyebaran virus Corona (Covid-19).

"Imbauan ini merupakan hasil rapat bersama antara pemerintah kota, DMI, MUI dan Dinkes. Hal ini juga sesuai dengan fatwa MUI pusat no 14 tahun 2020 tentang antisipasi penyebaran Corona. Dan juga sesuai dengan maklumat dari Kapolri untuk tidak membuat atau berada di kerumunan," ujarnya, saat dikonfirmasi Kamis (26/3/2020)

Ada empat poin dalam imbauan bersama tersebut.

Pertama, untuk sementara waktu tidak melaksanakan salat Jumat.

Kedua, mengimbau agar kaum muslim mengganti salat Jumat dengan salat Dzuhur di rumah masing-masing dan memperbanyak dzikir dan doa.

Ketiga, adzan tetap dikumandangkan sebagai pertanda masuknya waktu salat.

Keempat, tetap menjaga kebersihan dan kesterilan masjid serta mushalla.

Halaman
12
Penulis: Shinta Dwi Anggraini
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved