Antisipasi Virus Corona

Sistem Kerja ASN Sumsel Selama WFH, Sehari Masuk Sehari Libur

Gubernur Sumatra Selatan, Herman Deru mengeluarkan surat edaran tentang sistem kerja ASN di lingkungan Pemprov Sumsel

LINDA TRISNAWATI
Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru mengumumkan bahwa ada satu warga Sumsel yang positif corona virus (COVID-19). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Gubernur Sumatra Selatan, Herman Deru mengeluarkan surat edaran tentang sistem kerja ASN di lingkungan Pemprov Sumsel.

Surat edaran tersebut atas tindak lanjut dari Surat Edaran Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 19 tahun 2020 tanggal 16 Maret 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja ASN Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19.

Dalam surat edaran itu Gubernur menetapkan bahwa ASN di lingkungan Pemprov Sumsel mulai kerja dari rumah atau work from home terhitung hari Kamis (26/3).

"Pelaksanaan tugas kedinasan di tempat tinggal sebagaimana dimaksud efektif dilakukan mulai Kamis tanggal 26 Maret 2020 sampai dengan hari Rabu tanggal 8 April 2020. Selanjutnya akan dievaluasi lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan," jelas Gubernur Sumsel Herman Deru, Selasa (24/3) lalu.

UPDATE Corona Sumsel: Positif Tetap 1, Namun Penambahan Data Meninggal Dunia dari 0 jadi 1

Tak hanya mengatur soal sistem kerja kedinasan, surat edaran itu juga mengatur soal penyelenggaraan kegiatan dan perjalanan dinas seperti untuk penyelenggaraan tatap muka yang menghadirkan banyak peserta agar ditunda atau dibatalkan.

Selain itu, penyelenggaraan rapat agar dilakukan sangat selektif sesuai tingkat prioritas dan urgensi yang hatus diselesaikan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi atau melalui media elektronik yang tersedia.

"Melakukan penundaan perjalanan dinas ke luar negeri. Untuk ASN yang telah melakukan perjalanan ke negara yang terjangkit Covid-19 atau yang pernah berinteraksi dengan penderita terkonfirmasi Covid-19 agar segera menghubungi Sumatera Selatan Tanggap Covid-19 melalui nomor telepon 081365043311 dan beberapa nomor lainnya," jelas Deru.

Salah satu Aparatur Sipir Negara (ASN) di Pemprov Sumsel, yang membidangi staf Pemberitaan dan Audiovisilual biro humas dan protokol, Ria Anggraini mengatakan pada sistemm terbaru ini, baik ASN maupun honorer dibuatkan jadwal piket sehari masuk dan sehari libur.

"Sistem kerja di pemprov dengan sistem on off. Saat bekerja kami juga harus pakai masker," kata Ria.

Ria menjelaskan, apabila kondisi badan kurang fit para ASN juga diperbolehkan izin untuk tidak masuk kerja.

"Saat akan masuk ruangan cuci tangan dengan cairan hand sanitizer yg sudah disediakan," jelasnya.

Selain Ria, staf honorer di Pemprov Sumsel Komalla menyebutkan sistem kerja dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19 diberlakukan pula bagi staf honorer.

"Kami liburnya dibagi dua tim. Jadi, sehari kerja sehari libur. Alhamdulillah sudah ada edaran WFH. Jadi paling tidak mengurangi frekuensi aktivitas bertemu banyak orang. Bisa social distancing juga dan kumpul sama keluarga kebetulan anak-anak libur sekolah." ujar Komalla.(mg3)

Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved